Texas: Pusat Bitcoin Dunia, Kenapa Negara Ini Jadi Surga Baru Para Miner Crypto?

Texas: Pusat Bitcoin Dunia, Kenapa Negara Ini Jadi Surga Baru Para Miner Crypto?

Texas, dikenal dengan minyak dan sapi, kini menjadi pusat perhatian dunia crypto. Dengan kebijakan ramah bisnis dan sumber daya energi yang melimpah, negara bagian ini telah menarik perhatian para penambang Bitcoin dari seluruh dunia. Namun, apa yang sebenarnya terjadi di balik ledakan industri mining di Texas? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Sejarah Singkat: Perjalanan dalam Dunia Mining

Kevin Zhang, yang telah berkecimpung dalam bisnis penambangan Bitcoin selama sepuluh tahun, telah melihat pasang surut industri ini. Meskipun menghadapi beberapa pasar bear, Zhang selalu bertahan dan bahkan sering menggandakan investasinya saat industri tampak suram.

Setelah China melarang Bitcoin pada 2013, banyak perusahaan Barat bangkrut. Namun, Zhang melihat ini sebagai peluang dan memutuskan untuk terjun ke dunia penambangan.

Dengan latar belakang budaya dan kemampuan berbahasa Cina, Zhang berhasil menjadi salah satu pelanggan terbesar dari produsen ASIC Cina dan membangun fasilitas mining Bitcoin terbesar di Amerika Utara.

Baca Juga: Dalam Rangka Perayaan ke-10 Tahun, Canaan Bersiap Luncurkan Produk Mining Bitcoin Inovatif!

Texas: Magnet Baru bagi Para Penambang Bitcoin

texas surga mining crypto
Sumber: CNBC

Dilansir dari Decrypt, setelah China melancarkan kampanye melawan mining Bitcoin pada 2021, banyak penambang yang pindah ke AS, khususnya Texas. Negara bagian ini menawarkan lingkungan regulasi yang mendukung dan sumber energi bersih yang melimpah.

Data menunjukkan bahwa Texas telah meningkatkan dominasinya dalam mining Bitcoin. Pada akhir 2021, Texas menyumbang 8,43% dari hashrate di AS. Angka ini meningkat menjadi 28,50% pada Juli 2023.

Salah satu alasan utama pertumbuhan ini adalah dukungan dari otoritas setempat dan operator jaringan energi Texas, ERCOT. ERCOT telah bekerja sama dengan penambang Bitcoin untuk memastikan pasokan energi yang stabil dan efisien.

Baca Juga: Strategi Cerdas Riot Hasilkan Keuntungan Rp475 Miliar dari Mining Bitcoin! Ini Rahasianya!

Masa Depan Mining Bitcoin di Texas dan AS

Meskipun ada tantangan, seperti penurunan nilai Bitcoin sejak 2021 dan meningkatnya pengawasan regulasi, hashrate AS telah meningkat dua kali lipat sejak akhir 2021.

Menurut catatan analis dari JPMorgan Chase, hashrate jaringan Bitcoin mencapai rekor tertinggi untuk bulan kedelapan berturut-turut pada Agustus. Kenaikan ini sebagian didorong oleh lembaga yang memasuki ruang ini.

Namun, bisnis penambangan telah menjadi kurang menguntungkan. Meskipun demikian, kapitalisasi pasar agregat dari 14 penambang yang terdaftar di AS telah turun di bawah $10 miliar.

Texas, dengan sumber daya dan kebijakan yang mendukung, tampaknya siap untuk memimpin revolusi mining Bitcoin. Dengan kombinasi teknologi, regulasi, dan inovasi, masa depan industri mining di Texas tampak cerah.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: