Tether USDT, Sang Stablecoin Raksasa, Tembus Kapitalisasi Pasar $100 Miliar!

Tether USDT, Sang Stablecoin Raksasa, Tembus Kapitalisasi Pasar $100 Miliar!

Tether USDT, stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, telah melampaui angka $100 miliar dalam suplai yang beredar, menurut Blockworks. Ini adalah pertama kalinya stablecoin yang dipatok dolar ini mencapai angka pasokan tersebut. Sirkulasi stablecoin ini telah meningkat 9% pada tahun ini. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Kenaikan Pasokan USDT Beriringan dengan Bitcoin

tether crypto
Sumber: Paudal

Lonjakan pasokan tersebut terjadi bersamaan dengan peningkatan besar-besaran nilai Bitcoin (BTC). Secara khusus, BTC telah meroket selama dua minggu terakhir, mendekati angka tertinggi sepanjang masa yang baru. Di sisi lain, USDT Tether sekarang menjadi stablecoin pertama di pasar yang memiliki pasokan melebihi $100 miliar.

Tidak dapat disangkal bahwa tahun 2024 terbukti menjadi salah satu tahun terpenting bagi pasar aset digital. Bitcoin telah memimpin jalan, mencapai $66.000 pada Senin pagi. Selain itu, Bitcoin telah terbukti menjadi gelombang pasang, mengangkat semua aset lainnya. Namun, Bitcoin bukan satu-satunya aset yang mencapai tingkat kinerja yang memecahkan rekor.

Baca Juga: Tether Raup Untung Fantastis Hingga Rp44 Triliun di Q4 2023, Capai Rekor Baru!

Stablecoin Pertama yang Mencapai Pasokan Beredar $100 Miliar

marketcap usdt
Sumber: Coinmarketcap

Stablecoin terbesar di pasar juga telah melanjutkan tahun yang fenomenal. Secara khusus, Tether telah melihat pasokan stablecoin USDT yang beredar melampaui $100 miliar untuk pertama kalinya. Selain itu, Tether adalah mata uang kripto pertama yang dipatok dolar yang mencapai angka penting tersebut.

Perkembangan ini telah membuat aset tersebut semakin meningkatkan keunggulannya dalam pasar stablecoin. Total kapitalisasi pasar Tether lebih dari $99 miliar. Sebagai perbandingan, USDC milik Circle adalah yang tertinggi kedua, dengan kapitalisasi pasar di atas $28 miliar. Selanjutnya, Tether telah terbukti menjadi stablecoin paling dominan di pasar.

Baca Juga: Tether Edu: Inisiatif Pendidikan Digital Global untuk Semua

Kenaikan USDT Didorong oleh Sentimen Positif Pasar

Namun, kenaikannya yang berkelanjutan sepanjang tahun ini secara langsung terkait dengan sentimen positif pasar. Awal tahun ini, persetujuan AS terhadap ETF Bitcoin Spot mengatur panggung untuk pertumbuhan yang melimpah di seluruh industri. Seiring dengan aset seperti Bitcoin dan Ethereum, Tether juga tidak diragukan lagi diuntungkan.

USDT adalah stablecoin paling populer, atau token kripto yang nilainya dipatok pada aset lain, dan bagian penting dari pasar aset digital. Ini berfungsi sebagai jembatan antara uang tradisional (fiat) dan pasar berbasis blockchain yang menyediakan likuiditas bagi pelaku pasar untuk perdagangan dan pinjaman. USDT juga semakin banyak digunakan untuk transfer dan tabungan di negara berkembang untuk mengakses dolar di luar sistem perbankan tradisional.

Kesimpulan

Tether USDT telah menjadi bagian penting dari pasar mata uang kripto, menyediakan stabilitas dan likuiditas yang sangat dibutuhkan. Dengan kapitalisasi pasar lebih dari $100 miliar, USDT telah menjadi stablecoin paling populer dan banyak digunakan di dunia. Meskipun menghadapi beberapa kontroversi di masa lalu, Tether telah berhasil mengatasi tantangan dan terus tumbuh dalam popularitas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi