Tether Siapkan Investasi $500 Juta untuk Operasi Penambangan Bitcoin

Tether Siapkan Investasi $500 Juta untuk Operasi Penambangan Bitcoin

Dalam langkah besar untuk diversifikasi bisnis intinya, Tether Holdings Ltd., raksasa stablecoin, berencana untuk mengalihkan sebagian operasinya ke penambangan Bitcoin (BTC).

Dengan kekuatan finansial yang kuat, Tether berencana untuk menginvestasikan sekitar $500 juta dalam 6 bulan ke depan, langkah yang berpotensi mengubah dinamika sektor yang sangat kompetitif ini.

Posisi Keuangan Tether

Laporan keterangan Q3 Tether menunjukkan bahwa perusahaan ini memiliki surplus tunai sekitar $3,2 miliar. Kelebihan dana ini memungkinkan Tether untuk melakukan investasi besar-besaran, yang merupakan bagian dari fasilitas kredit sebesar $610 juta yang diberikan kepada perusahaan penambangan Bitcoin, Northern Data AG.

Baca Juga: Sebuah Dokumen Ungkapkan USDT Gunakan Jaminan Sekuritas China, Begini Respon Tether

Tether sedang membangun fasilitas penambangan di Uruguay, Paraguay, dan El Salvador, dengan kapasitas setiap situs berkisar antara 40 dan 70 megawatt. Paolo Ardoino, CEO Tether yang akan datang, menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan bagian mereka dari total daya komputasi untuk jaringan Bitcoin menjadi 1%.

Tantangan dan Risiko

cadangan real time tether
Sumber: The Daily Hodl

Meski memiliki kekuatan finansial yang kuat, Tether tetap menghadapi tantangan signifikan dalam lanskap penambangan crypto.

Dengan persaingan yang semakin ketat dan margin keuntungan yang semakin tipis, ditambah dengan pemotongan Bitcoin yang diharapkan akan mengurangi pendapatan penambangan tahun depan, petualangan perusahaan ini tidak tanpa risiko.

Selain itu, tingkat kesulitan penambangan telah mencapai rekor tertinggi, membutuhkan daya komputasi yang besar untuk mendapatkan keuntungan, tantangan yang bahkan bagi entitas finansial kuat seperti Tether.

Paragraf Penutup

Langkah Tether ke penambangan Bitcoin terjadi pada saat yang krusial, dengan pemain besar seperti Compute North dan Core Scientific baru-baru ini mengajukan kebangkrutan.

Strategi Tether dalam mendirikan fasilitas penambangan mobile menunjukkan bahwa mereka berencana untuk beradaptasi dengan cepat terhadap biaya energi dan kondisi pasar yang berfluktuasi. Dengan demikian, raksasa stablecoin ini berpotensi menjadi kekuatan besar dalam sektor ini.

Baca Juga: Tether Pasang Strategi Baru: Beli Bitcoin dari 15% Laba Bersihnya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi