Tether Membekukan $225 Juta yang Terkait dengan Sindikat Perdagangan Manusia

author:

Tether Membekukan $225 Juta yang Terkait dengan Sindikat Perdagangan Manusia

Dalam sebuah kerjasama yang belum pernah terjadi sebelumnya, perusahaan crypto Tether dan OKX bekerja sama dengan Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) untuk membekukan aset sebesar $225 juta. Aset tersebut dikaitkan dengan sindikat perdagangan manusia di Asia Tenggara.

Pembekuan Aset Terbesar dalam Sejarah

Berdasarkan postingan blog pada 20 November 2023, Tether dan OKX, dua perusahaan crypto besar, telah membekukan $225 juta dalam USDT yang terkait dengan sindikat perdagangan manusia. Kerjasama ini melibatkan DOJ dan Chainalysis dalam upaya investigasi yang berlangsung selama beberapa bulan.

Tether menyatakan bahwa DOJ meminta aset tersebut dibekukan setelah ditemukan adanya dana ilegal. Mereka juga berjanji akan terus bekerja sama dengan penegak hukum jika ada dompet sah yang dibekukan selama operasi ini.

Baca juga: Heboh! Tether Cetak 4 Miliar USDT dalam 4 Minggu, Apa Dampaknya Bagi Market Crypto?

Kerjasama Antara Perusahaan Crypto dan Penegak Hukum

Kasus ini menjadi contoh penting dari kerjasama antara perusahaan crypto dan penegak hukum. Kedua entitas ini mendapatkan manfaat lebih banyak dari upaya bersama mereka untuk mengakhiri penggunaan aset digital dalam aktivitas kriminal.

tether bekukan dana
Sumber: Twitter

CEO Tether, Paolo Ardoino, menekankan tujuan perusahaan untuk menciptakan “standar baru untuk keamanan dalam ruang crypto.”

Tether dan Sejarah Pembekuan Aset

Tether telah bekerja sama dengan penegak hukum global untuk membekukan aset yang diduga terkait dengan sindikat kriminal. Dalam satu kasus, Tether bekerja sama dengan Biro Nasional Israel untuk Pencegahan Pendanaan Terorisme untuk membekukan sekitar $873.000 dalam USDT yang digunakan untuk mendanai aktivitas teroris. Pembekuan $225 juta ini adalah yang terbesar dalam sejarah Tether.

Pada akhirnya, pembekuan $225 juta oleh Tether merupakan bagian dari investigasi yang sedang berlangsung terhadap sindikat kejahatan di Asia Tenggara yang terlibat dalam penipuan. Dalam proyek ini, Tether bekerja sama dengan DOJ dan OKX untuk menangani aktivitas ilegal dan menjaga standar integritas industri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: