Terungkap, Richard Heart Dalam Jerat Hukum SEC! Apa yang Terjadi?

Terungkap, Richard Heart Dalam Jerat Hukum SEC! Apa yang Terjadi?

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto saat SEC berhasil melayangkan gugatan kepada Richard Heart, pendiri Hex, yang selama ini menghindar dari kejaran hukum. Meski tidak secara langsung, gugatan tersebut akhirnya sampai ke tangan Heart di kediamannya yang terletak di ibu kota Finlandia, Helsinki. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penyajian Gugatan SEC

penyajian gugatan sec
Pemberitahuan SEC tentang layanan kepada Heart. Sumber: CourtListener

SEC telah mengumumkan bahwa mereka berhasil menyampaikan gugatan kepada Richard Schueler, yang lebih dikenal dengan nama Richard Heart, melalui metode penggantian layanan pada tanggal 31 Oktober. Metode ini digunakan setelah upaya berbulan-bulan untuk menghubungi Heart secara langsung gagal.

Para petugas layanan mencoba berbagai cara, mulai dari panggilan telepon, pesan teks, surat, hingga mendatangi langsung kediaman Heart di Helsinki, namun semuanya sia-sia.

SEC, yang menggugat Heart pada bulan Juli, menuduhnya menghasilkan lebih dari $1 miliar dari penjualan Hex, PulseChain (PLS), dan PulseX (PSLX), yang dianggap sebagai sekuritas yang tidak terdaftar.

Baca Juga: Geram! Industri Crypto Menentang Rencana SEC untuk Mengatur DeFi seperti Bursa Sentralisasi

Allegasi Penipuan dan Aktivitas Online

sec dan heart
Sumber: Akun X Richard Heart

Tidak hanya itu, SEC juga menuduh Heart telah menipu investor di Amerika Serikat dan luar negeri dengan menyalahgunakan dana mereka sebesar setidaknya $12 juta untuk membeli berbagai barang mewah. Barang-barang tersebut termasuk berlian 555 karat, jam tangan mahal, dan mobil-mobil mewah.

Meskipun lokasi Heart sangat dirahasiakan, hal tersebut tidak menghentikannya untuk tetap aktif di dunia maya. Sejak laporan status terakhir SEC pada tanggal 21 November, Heart telah membuat lebih dari 40 postingan di X (sebelumnya Twitter) mengenai berbagai peristiwa terkait crypto, termasuk penyelesaian Binance dengan Departemen Kehakiman AS, persidangan Sam Bankman-Fried, dan perkembangan terbaru Do Kwon.

Baca Juga: Apakah SEC Akan Mengubah Nasib Pasar Crypto? Ini Pengaruh SEC Bagi Industri Crypto!

Kondisi Terkini HEX

Dampak dari kasus hukum yang menjerat Heart juga terlihat pada nilai mata uang digital yang ia ciptakan. HEX mengalami penurunan nilai sebesar 81,5% selama setahun terakhir dan anjlok 99% dari puncak tertingginya pada 19 September 2021, yang mencapai $0,5 menurut data dari CoinGecko.

Kondisi ini tentunya menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor dan pengamat crypto, mengingat HEX pernah menjadi salah satu mata uang digital yang cukup populer di pasaran. Penurunan nilai ini menjadi salah satu indikator betapa kasus hukum yang melibatkan tokoh-tokoh crypto dapat berdampak signifikan terhadap pasar.

Kasus Richard Heart dan SEC ini menjadi peringatan bagi pelaku industri crypto lainnya tentang pentingnya kepatuhan terhadap regulasi. Sementara itu, komunitas crypto global menantikan kelanjutan dari drama hukum yang melibatkan salah satu tokoh kontroversial ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: