CfA Ungkap Hubungan Antara Circle dan Tron yang Mencurigakan, Ada Apa?

author:

CfA Ungkap Hubungan Antara Circle dan Tron yang Mencurigakan, Ada Apa?

Dalam dunia mata uang digital atau crypto, tidak semua hal berjalan mulus. Baru-baru ini, sebuah organisasi nirlaba bernama Campaign for Accountability (CfA) mengungkapkan hubungan mencurigakan antara Circle, penerbit mata uang digital USDC, dan Tron Foundation. Apa yang sebenarnya terjadi?

Circle dan Tron: Hubungan yang Mencurigakan

Menurut surat yang dikirimkan oleh CfA kepada Senator AS, Elizabeth Warren dan Sherrod Brown, Circle diduga memiliki hubungan yang erat dengan Tron Foundation yang dipimpin oleh Justin Sun.

Baca juga: Circle Umumkan Peningkatan USDC dan EURC dengan Upgrade v2.2

Selain itu, Circle juga disebut-sebut memiliki koneksi dengan investor Wall Street besar seperti Goldman Sachs, Bank of New York Mellon, dan Blackrock. Hubungan ini menjadi sorotan karena Circle diduga tidak tunduk pada regulasi yang ketat, sementara Tron diduga terlibat dalam pendanaan terorisme.

Tron saat ini sedang diselidiki oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS karena penjualan sekuritas yang tidak terdaftar dan diduga terlibat dalam pendanaan Jihad Islam Palestina, Hamas, dan Hezbollah.

Circle dan Regulasi: Apakah Ada yang Terlewat?

Selain hubungan dengan Tron, Circle juga mendapat sorotan karena diduga menghindari regulasi. Meski Goldman Sachs, BNY, dan Blackrock telah terdaftar dan diatur oleh berbagai otoritas perbankan dan sekuritas federal dan negara, Circle tampaknya telah menghindari regulasi utama sejak didirikan satu dekade lalu.

CfA telah menyoroti kekhawatiran ini kepada SEC pada Mei 2022. Selain itu, CfA juga menyoroti operasi “protokol lintas rantai yang tidak diatur” oleh Circle. Hal ini menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang integritas dan kepatuhan Circle terhadap regulasi.

Baca juga: 47 Negara Bersatu Mengadopsi Kerangka Pelaporan Aset Crypto untuk Transparansi Pajak Global

Tron dan Pendanaan Terorisme: Apa Hubungannya?

hubungan tron dan circle
Sumebr: CoinMarketCap

Tron, yang saat ini sedang diselidiki oleh SEC, juga diduga terlibat dalam pendanaan terorisme. Menurut surat dari CfA, Tron telah terlibat dalam pendanaan Jihad Islam Palestina, dan mungkin juga Hamas dan Hezbollah.

Lebih jauh, surat tersebut mengklaim bahwa sekitar $400 juta USDC berada dalam ekosistem Tron. Hal ini menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang integritas dan legalitas transaksi keuangan ini.

Pada akhirnya, pengungkapan ini menunjukkan bahwa dunia crypto tidak lepas dari masalah. Dengan semakin banyaknya mata uang digital, penting bagi semua pihak untuk memastikan bahwa mereka mematuhi regulasi yang ada.

Bagaimanapun, integritas dan kepatuhan terhadap hukum adalah kunci untuk memastikan keberlanjutan dan kepercayaan dalam industri ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: