Terungkap! dYdX Siapkan Peluncuran Mainnet dengan Kode Open-Source!

Terungkap! dYdX Siapkan Peluncuran Mainnet dengan Kode Open-Source!

Bursa crypto dYdX telah mempublikasikan kode sumber terbuka untuk jaringan baru berbasis Cosmos dengan nama yang sama. Langkah ini diharapkan dapat mempersiapkan peluncuran mainnet yang akan diorganisir oleh dYdX Decentralized Autonomous Organization (dYdXDAO) SubDAO on Operations. Simak berita lengkapnya berikut ini!

dYdX dan Upaya Menuju Desentralisasi

dydx dan upaya desentralisasi
Sumber: Akun X Dydx

dYdX merupakan salah satu bursa crypto non-penitipan terbesar dengan volume perdagangan harian lebih dari $2,6 miliar. Namun, dYdX masih mengandalkan buku pesanan yang terpusat untuk mencocokkan pedagang dengan pembuat pasar. Karena buku pesanan ini, dYdX sering dianggap belum sepenuhnya terdesentralisasi.

Tim dYdX telah berusaha menciptakan rantai dYdX baru berbasis Cosmos yang akan memungkinkan mereka mendesentralisasi buku pesanan bursa, mengambil protokol dari tangan tim pengembangan dan menjadikannya benar-benar terdesentralisasi. Mereka meluncurkan testnet dari jaringan baru ini pada 5 Juli. Saat ini, dYdX berjalan di StarkEx, lapisan-2 Ethereum.

Baca Juga: dYdX Bagikan Jadwal Migrasi dari Ethereum ke Cosmos, Harganya Langsung Naik?

Peluncuran Mainnet dan Transisi ke Blockchain Cosmos

Menurut postingan 23 Oktober, kode baru ini akan memungkinkan infrastruktur dYdX untuk “berjalan secara global oleh penggemar DeFi [keuangan terdesentralisasi]”. Setelah peluncuran mainnet selesai, tim pengembangan dYdX “tidak akan menjalankan bagian apa pun dari infrastruktur di balik penyebaran Rantai dYdX baru”.

Tim tidak menyebutkan tanggal peluncuran resmi untuk mainnet. Sebaliknya, mereka menyatakan bahwa kamu harus “membaca postingan blog dari subDAO Operasi dYdX” untuk mengetahui lebih lanjut.

Pada postingan 4 Oktober, subDAO Operasi dYdX mengusulkan peluncuran mainnet bertahap. Fase alpha yang diusulkan akan memungkinkan pemegang token untuk menambang token mereka dan mendapatkan hadiah penambangan, tetapi perdagangan tidak akan mungkin. Fase beta akan memungkinkan perdagangan dan memungkinkan pengujian lebih lanjut.

Baca Juga: dYdX Luncurkan Blockchain Layer-1, Semua Biaya Jatuh ke Tangan Validator dan Staker!

Migrasi dYdX dan Pengaruhnya pada Komunitas

dydx chain
Sumber: Dydx

Selain transisi blockchain, dYdX Trading berencana untuk menyerahkan kontrol atas berbagai komponen protokol dan menghentikan pengumpulan biaya perdagangan. Tanggung jawab pemerintahan dan pengambilan keputusan akan sepenuhnya dialihkan ke komunitas pemegang saham dYdX dan peserta ekosistem.

Pada saat yang sama, dYdX mengumumkan peluncuran bursa buku pesanan terdesentralisasi di Cosmos pada 6 September. Menurut CEO dYdX, Charles d’Haussy, dYdX tidak sedang ekspansi tetapi migrasi.

Dengan publikasi kode sumber terbuka ini, dYdX berharap dapat menciptakan bursa yang benar-benar terdesentralisasi dan dioperasikan sepenuhnya oleh komunitasnya. Ini merupakan langkah besar dalam misi dYdX untuk mendemokratisasi akses ke peluang finansial.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: