Token Tornado Cash Melemah Setelah Dicoret Binance, Turun Hingga 57%

Token Tornado Cash Melemah Setelah Dicoret Binance, Turun Hingga 57%

Dalam dunia mata uang crypto, keputusan sebuah bursa dapat berdampak besar pada nilai sebuah token. Hal ini terbukti dengan jatuhnya nilai token Tornado Cash, TORN, hingga 57% setelah Binance, bursa crypto terbesar di dunia, mengumumkan akan menghapus token tersebut dari daftar.

Kejatuhan TORN Pasca Pengumuman Binance

TORN, token yang digunakan dalam protokol pencampuran crypto Tornado Cash, mengalami penurunan nilai yang drastis sejak 26 November. Data dari CoinGecko menunjukkan bahwa token ini turun dari $3,90 menjadi hanya $1,66.

Kejatuhan ini terjadi pada hari yang sama ketika Binance mengumumkan bahwa mereka akan berhenti menerima deposit TORN pada 8 Desember dan tidak lagi memproses penarikan setelah 7 Maret 2024.

Baca Juga: Prediksi Harga Binance Coin (BNB) 2023, 2025, 2030: Harga Binance Bisa Naik 2.247%!

Binance mengklaim bahwa mereka menghapus TORN dari daftar karena token ini tidak lagi memenuhi standar mereka untuk aset yang dapat dicantumkan. “Di Binance, kami secara berkala meninjau setiap aset digital yang kami daftarkan untuk memastikan bahwa itu terus memenuhi standar tinggi yang kami harapkan,” kata tim Binance.

TORN dan Kontroversi Hukum

kasus cz binance
Sumber: Coingape

Pada 8 Agustus, Tornado Cash dikenai sanksi oleh Kantor Pengendalian Aset Asing Amerika Serikat karena diduga memfasilitasi pencucian uang. Hal ini secara hukum melarang penduduk AS menggunakan protokol tersebut.

Pada 21 November, Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Binance. Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Binance mengakui bahwa mereka telah melayani beberapa pelanggan AS tanpa memiliki lisensi untuk berbisnis di negara tersebut.

Reaksi Pasar dan Dampaknya

Setelah pengumuman Binance, harga TORN merosot lebih dari 44% di bawah tanda $2. Kejatuhan ini menunjukkan betapa besar pengaruh keputusan sebuah bursa crypto terhadap nilai sebuah token.

Pada September 2023, pendiri Tornado Cash, Roman Storm, membantah tuduhan bahwa dia membantu mencuci lebih dari $1 miliar dana ilegal yang dihasilkan oleh peretas Korea Utara.

Paragraf Penutup

Kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi para investor crypto bahwa keputusan sebuah bursa dapat berdampak besar pada nilai sebuah token. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu memantau perkembangan terkini dalam dunia crypto.

Baca Juga: Terungkap! Binance Hentikan Layanan Kartu Debit Visa di Eropa, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi