Terobosan Musée d’Orsay: Lelang NFT dan Pameran Crypto yang Revolusioner!

Terobosan Musée d’Orsay: Lelang NFT dan Pameran Crypto yang Revolusioner!

Musée d’Orsay, museum terkemuka di Paris, mencatatkan sejarah dengan peluncuran lelang NFT dan pameran crypto pertama yang terintegrasi langsung ke dalam blockchain. Inisiatif inovatif ini tidak hanya menggabungkan seni tradisional dan teknologi digital terkini tetapi juga membuka babak baru dalam cara kita mengalami dan memiliki karya seni. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kolaborasi Seniman dan Teknologi

kolaborasi seniman dan teknologi
Agoria menampilkan set DJ pada hari Sabtu untuk merayakan peluncurannya. Gambar: Musée d’Orsay

Pameran yang diberi judul “The Convergence of Breath” menampilkan lima NFT unik yang diciptakan oleh artis dan DJ Prancis Sébastian Devaud, dikenal sebagai Agoria, dan artis Johan Lescure. Karya seni ini terinspirasi oleh instalasi seni dan eksperimen sosial yang saat ini dipamerkan dalam “Le Code d’Orsay” di Musée d’Orsay.

Pengunjung yang tertarik dapat memindai kode QR yang dihasilkan oleh patung “Sigma Lumina” untuk mencetak NFT unik mereka sendiri, tetapi hanya jika mereka meniup ke dalam smartphone mereka. Teknik ini telah menghasilkan lebih dari 2.000 NFT “Sigma Lumina” oleh pengunjung museum.

Kedua seniman kemudian menggabungkan data dari tiupan ini menjadi serangkaian lima NFT unik Musée d’Orsay, masing-masing mewakili satu minggu durasi pameran. Inisiatif ini tidak hanya menciptakan karya seni global yang unik tetapi juga menandai pertama kalinya pengalaman fisik dan digital digabungkan dalam penciptaan NFT.

Baca Juga: Terungkap! Rahasia di Balik Koleksi NFT Crypto yang Mengguncang Dunia Keuangan

Inovasi dalam Dunia Museum

inovasi musee dorsay
Sumber: Akun X Agoria Music

Musée d’Orsay bukan satu-satunya institusi yang menjelajahi potensi NFT. Museum dan organisasi budaya lainnya telah mengadopsi NFT dengan berbagai cara inovatif, dari penggalangan dana hingga menciptakan pengalaman digital yang imersif. Tahun lalu, Centre Pompidou di Paris mengumumkan pameran yang menampilkan NFT dari proyek CryptoPunks dan Autoglyphs, bersama dengan karya dari 12 seniman digital lainnya.

Museum seperti Bruce Museum dan Institute of Contemporary Art di Los Angeles telah menyelenggarakan diskusi dan ceramah yang fokus pada sejarah, teknologi, dan aspek legal dari NFT. Inisiatif-inisiatif ini menunjukkan bahwa museum sedang mencari cara-cara baru untuk terlibat dengan audiens digital mereka sambil tetap mempertahankan relevansi dalam dunia seni yang terus berkembang.

Baca Juga: MixMob Raih Lisensi NFT Stormtrooper, Siap Meriahkan Game Balap Kartu Web3!

Masa Depan Seni Digital dan NFT

Kegiatan Musée d’Orsay menandai titik penting dalam evolusi seni digital dan penggunaan NFT. Dengan memungkinkan interaksi yang lebih dalam antara karya seni dan pemirsa, serta memperkenalkan cara baru untuk memperoleh dan mengoleksi seni, pameran dan lelang ini menunjukkan potensi tak terbatas dari teknologi blockchain dalam dunia seni.

Seiring berjalannya waktu, kita mungkin akan melihat lebih banyak institusi seni yang mengikuti jejak Musée d’Orsay, menggabungkan aspek tradisional dan digital seni dengan cara yang inovatif dan menarik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi