Terobosan Decentralized Social Media: Masa Depan Komunikasi Digital!

author:

Terobosan Decentralized Social Media: Masa Depan Komunikasi Digital!

Apakah kamu siap untuk revolusi media sosial yang menjanjikan privasi dan kebebasan berbicara? Media sosial desentralisasi atau decentralized social media hadir sebagai jawaban atas kekhawatiran privasi dan dominasi platform besar.

Dengan lebih dari 4,9 miliar pengguna setiap hari, inovasi ini menawarkan alternatif yang menggemparkan dunia digital.

Platform Desentralisasi: Kebebasan di Ujung Jari Kamu

Seperti halnya media sosial jadul, decentralized social media adalah lingkungan online di mana para pengguna dapat berbagi ide, bertemu dengan orang-orang yang berpikiran sama, dan menceritakan kisah-kisah mereka. Yang membedakan jejaring sosial terdesentralisasi dari platform tradisional adalah bahwa mereka dibangun menggunakan teknologi blockchain dan tidak bergantung pada otoritas pusat.

Baca juga: Terobosan Teknologi Antariksa: Filecoin Foundation dan Misi Desentralisasi Data!

Decentralized social media menggunakan teknologi blockchain untuk memberikan kontrol penuh kepada penggunanya. Tidak seperti platform konvensional, data pengguna disimpan di jaringan independen yang aman dari serangan hacker.

Selanjutnya, kamu bisa menentukan algoritma yang kamu inginkan, sehingga konten yang muncul adalah pilihanmu, bukan hasil manipulasi iklan. Mau tau daftar media sosial desentralisasi yang tengah naik daun? Simak di bawah ini ya!

Lens Protocol

Lens: Revolusi Media Sosial Desentralisasi Aave dengan Teknologi NFT - Masa Depan Kekuasaan Pengguna Atas Data Sosial"
Sumber: www.lens.xyz

Diluncurkan oleh tim di balik Aave pada tahun 2022, Lens Protocol adalah salah satu jaringan media sosial terdesentralisasi terbaik. Lens adalah grafik sosial yang dapat dikomposisikan dan terdesentralisasi sepenuhnya yang memberi pengguna kendali penuh atas profil sosial mereka dan bagaimana profil tersebut digunakan.

Pengguna dapat mencetak pegangan Lens sebagai NFT ke dompet crypto mereka. NFT Lens ini juga kompatibel dengan dApps dan kontrak pintar lainnya dalam ekosistem LensVerse yang berkembang pesat, dan bahkan dapat dijual di pasar sekunder seperti Opensea.

Lens dihosting di jaringan Polygon, yang berarti bahwa pengguna menikmati biaya gas yang rendah dan transaksi yang cepat.

Alternatif untuk: Facebook, Medium

Mastodon

Sumber: Mastodon

Mastodon adalah salah satu jejaring sosial terdesentralisasi terbesar dan terpopuler di industri crypto. Dengan lebih dari tiga juta pengguna, Mastodon merupakan platform mikroblog yang sepenuhnya open source. Platform ini mendukung semua bentuk media, termasuk konten tertulis, gambar, video, dan GIF.

Umpan Mastodon Anda sepenuhnya kronologis, yang berarti konten yang kamu lihat bebas dari algoritme. Mastodon berjanji untuk membantu pengguna menciptakan sudut mereka sendiri di internet dengan memungkinkan pengguna membuat server yang sepenuhnya dikontrol dan dimoderasi oleh mereka sendiri.

Setiap pengguna bertanggung jawab untuk mengkurasi umpan mereka sendiri dan memiliki kontrol tak tertandingi atas siapa yang mereka lihat, dan siapa yang bisa melihatnya, secara online.

Alternatif untuk: Twitter, Facebook

Baca juga: Gains Network (GNS): Platform Trading Derivatif Desentralisasi yang Mengguncang Dunia Crypto

Steemit

Sumber: Steemit

Awalnya diluncurkan pada tahun 2014, Steemit adalah sebuah OG dalam ruang media sosial yang terdesentralisasi. Dibangun di atas blockchain khusus, Steemit adalah platform blogging yang memberi imbalan kepada pengguna dengan pembayaran menggunakan token asli platform STEEM.

Platform ini mendorong keterlibatan dengan meningkatkan tingkat penghargaan STEEM untuk pengguna yang secara teratur berbagi konten, berkomentar, dan memberikan upvote pada postingan pengguna lain.

Dengan menggunakan jaringan khusus untuk meng-host jaringan sosial, platform Steemit sangat terukur dan tidak mungkin mengalami masalah kemacetan.

Alternatif untuk: Reddit

Minds

Sumber: Minds

Dibangun di atas jaringan Ethereum, Minds adalah jaringan sosial terdesentralisasi yang bertujuan untuk mendapatkan kembali kendali pengguna atas pengalaman media sosial mereka.

Minds memberikan penekanan kuat pada kontrol data dan privasi pengguna, memberikan pengguna kedaulatan penuh atas bagaimana konten mereka dibagikan secara online.

Salah satu fitur unik dari platform Minds adalah memungkinkan pengguna untuk mengatur algoritme mereka sendiri. Selain itu, pengguna diberi imbalan untuk membuat dan memposting konten yang menarik dan dapat menggunakan token asli platform, $MINDS, untuk meningkatkan posting mereka sendiri dan meningkatkan jumlah audiens mereka.

Alternatif untuk: Facebook, Twitter

Funkwhale

Sumber: Funkwhale

Funkwhale adalah dunia Web3 seperti halnya Spotify dan Soundcloud di dunia Web2. Seperti yang banyak orang harapkan, Funkwhle adalah platform terdesentralisasi di mana pengguna bisa melakukan streaming dan berbagi musik dan podcast favorit mereka, tanpa perlu khawatir dengan penyensoran atau iklan yang tiada henti.

Platform ini sepenuhnya gratis dan sepenuhnya open-source, yang berarti tidak ada pamrih tersembunyi. Sebagai platform yang digerakkan oleh komunitas, pengguna juga didorong untuk mengusulkan dan membuat fitur baru yang meningkatkan Funkwhale secara keseluruhan.

Alternatif untuk: Spotify, SoundCloud

Dengan meningkatnya kekhawatiran privasi dan ketidakpuasan terhadap platform media sosial mainstream, alternatif desentralisasi ini menawarkan perubahan yang menyegarkan. Mereka memberdayakan pengguna dengan menekankan privasi, kepemilikan data, dan ketahanan terhadap sensor, sambil memupuk komunitas online yang dinamis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: