Sakana.ai: Terobosan Generative AI dengan Inspirasi Alam

Sakana.ai: Terobosan Generative AI dengan Inspirasi Alam

Dalam lanskap generative artificial intelligence (AI) yang dinamis, warisan penelitian Google mendapatkan kehidupan baru melalui Sakana.ai.

Startup ini berbasis di Tokyo dan memandang AI melalui lensa kecerdasan kolektif alam.

Bagaimana Sakana AI Berbeda dari Generative AI Lainnya?

Llion Jones, salah satu penulis dari makalah penelitian revolusioner 2017 “Attention Is All You Need,” baru-baru ini meninggalkan Google untuk mendirikan Sakana.aidi Tokyo. Ia bermitra dengan David Ha, mantan peneliti Google Brain.

Baca Juga: Penelitian Mengungkapkan Masyarakat Negara Berkembang Lebih Optimis Menyambut Teknologi AI

Pendekatan mereka berakar pada biomimikri, mengambil inspirasi dari kecerdasan kolektif alam seperti sekolah ikan dan sarang lebah untuk merancang model AI yang gesit, responsif, dan ekonomis.

Lebih Lanjut Tentang Proyek Sakana.ai

Lebih Lanjut Tentang Proyek Sakana AI
Sakana.ai

Keputusan Sakana.ai untuk berbasis di Tokyo adalah strategis, memanfaatkan infrastruktur teknis kota dan bakat yang terampil.

Pendiri menekankan bahwa visi mereka melampaui penciptaan model AI. Mereka menawarkan pendekatan komputasi evolusioner yang menangani masalah ketidakfleksibelan dalam sistem AI saat ini.

Meskipun mereka telah mempertimbangkan penggunaan model bahasa besar seperti milik Google, fokus mereka tetap pada pendekatan yang beragam yang sejalan dengan sistem alam yang dapat beradaptasi.

Kesimpulan

Transisi Jones dan Ha dari Google ke Sakana.ai mencerminkan tantangan di sektor AI, dengan kekhawatiran tentang kendala birokrasi dan berbagi inovasi.

Pendekatan Sakana.ai yang mengadopsi konsep swarm dan prinsip komputasi evolusioner menawarkan alternatif yang menjanjikan. Model mereka bertujuan untuk menyediakan solusi AI yang dapat beradaptasi dan ekonomis.

Baca Juga: SingularityNET (AGIX) Naik Hampir 800%, Token Crypto AI Booming di 2023!

Sebagai Tokyo muncul sebagai pusat inovasi AI, kehadiran Sakana.ai memberikan kontribusi signifikan bagi evolusi generative AI.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: