Yuan Digital China Melakukan Transaksi Lintas Batas Pertama, Terobosan Baru!

Yuan Digital China Melakukan Transaksi Lintas Batas Pertama, Terobosan Baru!

Dalam dunia yang semakin digital, mata uang crypto menjadi semakin penting. China, sebagai salah satu pemain utama di panggung global, telah mencatatkan sejarah dengan transaksi lintas batas pertama menggunakan mata uang digital mereka, yuan digital.

Transaksi Lintas Batas Pertama Yuan Digital

PetroChina International, sebuah perusahaan multinasional China, telah membuat pembelian bersejarah menggunakan yuan digital. Transaksi ini menandai langkah besar pertama dalam penerapan mata uang digital oleh China.

Dengan transaksi ini, yuan digital telah membuktikan dirinya sebagai alat pembayaran yang efektif dan efisien, bahkan untuk transaksi lintas batas.

Baca Juga: Elon Musk Yakin China akan Jadi Pemimpin dalam Pengembangan AI, Kok Bisa?

Pemerintah China telah berusaha meningkatkan penggunaan internasional RMB selama beberapa waktu.

Namun, penggunaan mata uang ini belum mencapai pertumbuhan ekonomi China. Dengan transaksi lintas batas pertama ini, yuan digital dapat menjadi alat yang membantu China mencapai tujuan ini.

mBridge dan Fragmentasi Pembayaran Mendatang

cbdc china
Sumber: Blockchain News

Fragmentasi pembayaran menjadi topik hangat belakangan ini. Geopolitik dan penggunaan Swift untuk sanksi menjadi pendorong utama. Negara-negara yang khawatir menjadi target berikutnya mulai mencari alternatif. Teknologi bukanlah pendorong fragmentasi, tetapi memungkinkannya.

mBridge, proyek CBDC lintas batas, dilihat sebagai salah satu platform yang bisa memecahkan dominasi Swift atas pembayaran lintas batas. mBridge, yang melibatkan Bank for International Settlements (BIS) dan bank sentral China, Hong Kong, Thailand, dan UAE, diharapkan dapat mengurangi biaya bank untuk pembayaran lintas batas.

Dengan mBridge, bank dapat terhubung melalui bank sentral mereka. Di China, mBridge terhubung ke sistem CBDC eCNY lokal, sehingga hambatan relatif sedikit.

Manfaat Mata Uang Digital

Salah satu manfaat utama mata uang digital adalah penghapusan pesan pembayaran. Dengan mata uang digital, tidak ada pemisahan antara pesan dan uang. Mereka adalah satu. Ini berarti ada penyelesaian atomik. Transaksi berhasil atau tidak, menghilangkan kebutuhan untuk rekonsiliasi. Uang tidak pernah dalam keadaan tergantung.

Selain itu, dengan mata uang digital, bank tidak perlu lagi memiliki rekening bank asing (nostro accounts) di semua yurisdiksi utama. Rekening bank ini mengikat modal yang sekarang dapat digunakan untuk tujuan lain. Ini secara signifikan menurunkan biaya pembayaran lintas batas.

Paragraf Penutup

Dengan terobosan ini, yuan digital China telah membuktikan dirinya sebagai alat pembayaran yang efektif dan efisien, bahkan untuk transaksi lintas batas. Ini menunjukkan potensi besar mata uang digital dalam mengubah lanskap pembayaran global.

Baca Juga: Ngelarang Crypto, Kini China Luncurkan NFT Marketplace Nasional Pertamanya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi