Terobosan Baru! Pengadilan Tinggi Singapura Setujui Penggunaan NFT dalam Investigasi Keuangan!

Terobosan Baru! Pengadilan Tinggi Singapura Setujui Penggunaan NFT dalam Investigasi Keuangan!

Dalam sebuah langkah hukum yang belum pernah terjadi sebelumnya, Pengadilan Tinggi Singapura telah memberikan persetujuan kepada perusahaan investigasi keuangan berbasis di Inggris, Intelligent Sanctuary (iSanctuary), untuk menggunakan NFT dalam melakukan investigasi keuangan. Keputusan ini diharapkan dapat merubah cara pelacakan dan pembekuan aset yang terkait dengan kejahatan siber. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Terobosan Teknologi dalam Investigasi Keuangan

iSanctuary akan menciptakan NFT ini bekerja sama dengan Mintable, platform terkenal yang menawarkan layanan pencetakan NFT. Token ini akan berfungsi sebagai peringatan bagi pihak-pihak dan bursa yang terlibat dalam transaksi dari dompet yang dikompromikan.

Dengan menggunakan metode ini, iSanctuary dapat memantau transaksi yang melibatkan aset yang dicuri dengan lebih efektif dari sebelumnya. Pembuatan NFT khusus yang langsung terkait dengan transaksi ini memungkinkan pelacakan real-time, sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dicapai melalui metode konvensional.

Selain itu, ini menambah lapisan keamanan lain dengan memberi tahu pihak lain yang terlibat tentang risiko potensial yang terkait dengan alamat dompet tertentu yang ditandai selama investigasi mereka.

Proses ini bisa sangat bermanfaat dalam mencegah aktivitas ilegal lebih lanjut yang melibatkan akun-akun yang terlibat dan berpotensi membantu memulihkan dana yang hilang lebih cepat dari metode tradisional.

Baca Juga: Keputusan Sejarah: Pengadilan Tinggi Singapura Nyatakan Crypto Sebagai Properti

Pengadilan Tinggi Singapura dan Teknologi Blockchain

singapura dan nft
Sumber: Forkast News

Keputusan Pengadilan Tinggi Singapura ini menunjukkan sikap progresif mereka dalam menerima kemajuan teknologi dalam proses hukum – khususnya yang berkaitan dengan kasus keuangan di mana waktu respons cepat sangat penting karena kondisi pasar yang seringkali tidak stabil dalam ruang crypto.

Perlu dicatat bahwa kasus ini merupakan salah satu dari banyak contoh di seluruh dunia di mana otoritas telah mulai mengakui potensi yang ditawarkan oleh teknologi blockchain seperti NFT di luar kendaraan investasi atau platform seni digital; mereka semakin dilihat sebagai alat yang kuat yang mampu mengubah berbagai sektor termasuk penegakan hukum itu sendiri.

Secara keseluruhan, keputusan Pengadilan Tinggi Singapura untuk mengizinkan penggunaan NFT oleh iSanctuary untuk investigasi keuangan adalah perkembangan penting dalam sektor hukum dan fintech.

Ini tidak hanya menunjukkan bagaimana teknologi blockchain dapat digunakan di luar penggunaan tradisionalnya, tetapi juga menetapkan preseden bagi pengadilan lain di seluruh dunia untuk mempertimbangkan pendekatan inovatif ini saat menangani kasus serupa.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: