ETF Bitcoin dan Upgrade Ethereum: Terobosan Baru di Dunia Crypto

ETF Bitcoin dan Upgrade Ethereum: Terobosan Baru di Dunia Crypto

Perubahan besar sedang terjadi di dunia crypto. Dengan adanya peningkatan teknologi blockchain, regulasi crypto, dan adopsi crypto, pasar crypto tampaknya akan berubah lagi. Dua momen penting yang akan membentuk Q4 2023 adalah persetujuan Bitcoin ETF dan upgrade Ethereum Cancun.

ETF Bitcoin Mendapatkan Persetujuan Regulator

Pada Q3 2023, dunia menyaksikan bagaimana raksasa manajemen aset tradisional berbondong-bondong memasuki arena crypto. BlackRock memimpin jalan dengan aplikasi ETF Bitcoin-nya, diikuti oleh pemain lain seperti Fidelity, Franklin Templeton, Valkyrie, Bitwise, dan VanEck.

Baca Juga: Analis ETF Menaikkan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Spot di AS Menjadi 65%!

Ini bukan hanya efek bandwagon, tetapi langkah strategis untuk merangkul kelas aset yang telah membuktikan kemampuannya untuk bertahan dan tetap menguntungkan. Setelah kemenangan Grayscale atas SEC (Securities and Exchange Commission), Bitcoin ETF diatur untuk mendapatkan persetujuan regulator.

Laporan Wealth Crypto Henley dan Partners menunjukkan bahwa pada Q3 2023, ada sekitar 425 juta pemegang crypto di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, sedikit lebih dari 88.000 adalah ‘jutawan crypto‘, dan hampir setengahnya telah berinvestasi di Bitcoin.

Upgrade Ethereum Cancun dan Implikasinya

upgrade ethereum dendun tertunda
Sumber: Crypto.com

Upgrade Cancun diharapkan dapat meningkatkan metrik kinerja lapisan 2. Ini sangat relevan untuk proyek dalam ekosistem OP seperti Base Coinbase, opBNB Binance, Gitcoin, Celo, dan Loot, yang mengadopsi OP Stack untuk pengembangan infrastruktur dan aplikasi.

Upgrade Cancun Ethereum memiliki implikasi yang luas di berbagai dompet abstrak, jembatan lintas rantai, dan sistem penyimpanan terdesentralisasi.

Upgrade ini secara signifikan meningkatkan kemampuan pemrosesan data Ethereum dengan perombakan dalam metode penyimpanan data. Untuk Ethereum dan mata uang aslinya, perkembangan positif ini berarti posisi yang lebih kuat dalam lanskap yang dikenal karena mengalami evolusi cepat.

Proyeksi Pasar Crypto Q4 2023

Q4 2023 tampaknya akan menjadi periode penting bagi pasar crypto. Persetujuan ETF Bitcoin yang diantisipasi dan upgrade Ethereum Cancun adalah tanda perubahan yang lebih luas di cakrawala.

Lanskap crypto akhirnya menuju penerimaan dan integrasi mainstream. Dalam lanskap ini, token dengan kapitalisasi pasar di bawah $5 miliar diharapkan memiliki peluang pertumbuhan yang lebih tinggi.

Paragraf Penutup

Akhir 2023 bisa terlihat sangat berbeda dari kuartal pertamanya. Di tengah pusaran perubahan ini, token yang dapat menunjukkan utilitas nyata harus menemukan diri mereka di depan tren pasar.

Baca Juga: Menggebrak! BlackRock Ajukan ETF Bitcoin, Hopes Tergerak untuk ETF Spot!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi