Terobosan Baru di Dunia AI: Mistral AI Peroleh Dana Segar $415 Juta!

Terobosan Baru di Dunia AI: Mistral AI Peroleh Dana Segar $415 Juta!

Apakah kamu siap menyaksikan revolusi kecerdasan buatan (AI) berikutnya? Mistral AI, startup asal Prancis, baru saja mengumumkan penutupan putaran pendanaan senilai $415 juta. Dengan nilai perusahaan yang kini mencapai $2 miliar, Mistral AI siap menggebrak pasar AI global dengan teknologi open-source generatif yang inovatif. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Investasi Besar untuk Masa Depan AI

Mistral AI tidak main-main dalam mengembangkan teknologi AI. Dengan dana segar €385 juta atau sekitar $415 juta, startup ini dipimpin oleh investor ternama seperti Andreessen Horowitz dan Lightspeed Ventures. Pendanaan ini merupakan kelanjutan dari kesuksesan putaran sebelumnya yang terkumpul $113 juta.

Investor lain seperti Salesforce, Bpifrance, dan Eric Schmidt juga turut serta dalam putaran ini. Mistral AI, yang didirikan oleh mantan pemimpin di Google’s DeepMind dan Meta, berencana meluncurkan produknya untuk umum pada awal tahun 2024.

Baca Juga: Demo AI Gemini Google Ternyata Dirancang Ulang? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Strategi Open-Source dan Pengaruhnya pada Regulasi AI

open source mistral ai
Sumber: The Decode

Mistral AI mengambil langkah berani dengan fokus pada teknologi open-source. Model pertama mereka, Mistral 7B, dirilis dengan lisensi Apache 2.0 yang memungkinkan pengembang untuk mengunduh dan menjalankannya di perangkat mereka sendiri. Ini merupakan strategi yang berbeda dari pendekatan API yang biasa digunakan oleh pesaing.

Perusahaan ini juga berperan aktif dalam membentuk regulasi AI di Uni Eropa. Mistral AI telah melobi agar model-model dasar mendapatkan pengecualian dari regulasi, dengan argumen bahwa regulasi seharusnya berfokus pada kasus penggunaan dan produk yang langsung digunakan oleh pengguna akhir.

Baca Juga: ChatGPT Guncang Dunia Maya: Artikel Wikipedia Paling Populer di 2023 dengan 49,5 Juta Views!

Monetisasi dan Ekspansi Layanan AI

Meskipun berkomitmen pada prinsip open-source, Mistral AI juga memiliki strategi monetisasi. Mereka membuka platform pengembang dalam versi beta, memungkinkan perusahaan lain untuk menggunakan model AI Mistral melalui API berbayar. Model terbaru mereka, Mixtral 8x7B, menggunakan teknik jaringan router yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi.

Model ini memiliki total 45B parameter tetapi hanya menggunakan 12B parameter per token, menjadikannya cepat dan efisien. Mistral AI juga merilis model Mistral-medium yang hanya tersedia melalui platform API berbayar, menunjukkan komitmen mereka untuk menghasilkan pendapatan dari teknologi canggih yang mereka kembangkan.

Dengan pendanaan yang kuat dan teknologi yang terus berkembang, Mistral AI siap menjadi pemain kunci di panggung AI global. Kita semua patut menantikan bagaimana startup ini akan mengubah lanskap AI dengan pendekatan open-source dan inovasi yang mereka bawa ke meja.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: