Tenstorrent, Pengembang Chip AI, Raih Pendanaan $100 Juta dari Samsung dan Hyundai

author:

Tenstorrent, Pengembang Chip AI, Raih Pendanaan $100 Juta dari Samsung dan Hyundai

Tenstorrent, pengembang chip kecerdasan buatan (AI), mengumumkan penutupan putaran pendanaan sebesar $100 juta pada 3 Agustus 2023, yang dipimpin oleh perusahaan manufaktur besar seperti Samsung dan Hyundai, di antara lainnya.

Rincian Pendanaan: Siapa Saja yang Terlibat?

tenstorrent ai hyundai samsung
Sumber: ZDNet

Tenstorrent, sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan chip kecerdasan buatan (AI), baru-baru ini mengumumkan penutupan putaran pendanaan yang cukup besar. Pada tanggal 3 Agustus 2023, perusahaan ini berhasil mengumpulkan total $100 juta. Pendanaan ini dipimpin oleh dua raksasa industri manufaktur, Samsung dan Hyundai, yang menunjukkan minat yang kuat dalam teknologi AI dan potensi yang ditawarkan oleh Tenstorrent.

Baca juga: Inworld AI Tutup Putaran Pendanaan Terbaru, Nilai Perusahaan Capai $500 Juta!

Dalam rincian pendanaan ini, Hyundai berkontribusi sebesar $30 juta, sementara produsen mobil Kia menyumbang $20 juta. Sementara itu, Samsung, melalui Catalyst Fund-nya, berinvestasi sebesar $50 juta. Investor lain yang berpartisipasi dalam putaran ini termasuk Fidelity Ventures, Eclipse Ventures, dan Maverick Capital. Dengan dukungan dari investor-investor ini, Tenstorrent berada dalam posisi yang kuat untuk mempercepat pengembangan dan inovasi produknya.

Di balik kesuksesan Tenstorrent adalah CEO-nya, Jim Keller, yang memiliki rekam jejak yang kuat dalam pengembangan chip AI. Sebelum memimpin Tenstorrent, Keller telah mengembangkan chip AI untuk beberapa perusahaan teknologi besar seperti Apple, Intel, dan Tesla. Dengan pengalaman dan keahliannya, Keller membawa visi dan kepemimpinan yang kuat ke Tenstorrent, yang berpotensi membantu perusahaan ini menjadi pemimpin dalam industri chip AI.

Harapan Hyundai dan Samsung dari Investasi Ini

hyundai samsung investasi ai
Sumber: Gizbot

Heung-soo Kim, wakil presiden eksekutif dan kepala kantor strategi global di Hyundai Motor Group, memberikan komentar tentang harapan grup dari investasi ini,

“Grup ini berharap untuk mengembangkan teknologi semikonduktor yang dioptimalkan namun berbeda yang akan membantu mobilitas masa depan dan memperkuat kemampuan internal dalam pengembangan teknologi AI.”

Lebih lanjut, Tenstorrent juga mengatakan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk “mempercepat pengembangan produk perusahaan, desain dan pengembangan chiplet AI,” bersama dengan kemajuan pada roadmap untuk perangkat lunak pembelajaran mesinnya.

Baca juga: Worldcoin Buka Akses ke Sistem ID Berbasis Iris untuk Pemerintah dan Perusahaan

Tenstorrent dalam Persaingan Pasar Chip AI

Inisiatif ini muncul saat para pengembang berlomba untuk bersaing dengan Nvidia, pemimpin pasar saat ini dalam pengembangan chip AI. Permintaan yang meningkat untuk chip semikonduktor berdaya tinggi untuk mengembangkan sistem AI sempat membuat nilai pasar Nvidia mencapai kisaran triliunan dolar.

Pada 13 Juni 2023, Advanced Micro Devices (AMD) mengumumkan detail chip AI yang akan datang yang berpotensi juga menantang dominasi pasar Nvidia.

Pada akhirnya, dengan pendanaan baru ini, Tenstorrent berada dalam posisi yang kuat untuk mempercepat pengembangan dan inovasi produknya. Meski demikian, perusahaan harus berhadapan dengan tantangan regulasi dan persaingan pasar yang ketat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: