Peluang Baru di Pasar Modal: Kedatangan ETF Bitcoin Spot di AS Segera Menjadi Kenyataan!

Peluang Baru di Pasar Modal: Kedatangan ETF Bitcoin Spot di AS Segera Menjadi Kenyataan!

Sebuah kabar menggembira datang bagi para peminat crypto. Industri keuangan akan segera menyaksikan sebuah kemajuan signifikan. SEC, lembaga pengawas pasar modal Amerika Serikat, telah menetapkan tenggat waktu di penghujung tahun ini untuk semua proposal ETF Bitcoin spot. Hal ini menunjukkan kemungkinan persetujuan serangkaian ETF Bitcoin spot pertama pada awal Januari 2024, sebuah peristiwa yang telah lama ditunggu oleh para investor. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Batas Waktu dari SEC

batas waktu dari sec
Sumber: Eleanor Terrett

SEC telah memberikan batas waktu yang tegas kepada para pelaku pasar yang berkeinginan untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot. Mereka diwajibkan untuk menuntaskan semua proposal mereka sebelum tanggal 29 Desember. Jika tidak, mereka akan melewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari gelombang pertama yang disetujui di tahun yang baru.

Dalam sebuah pertemuan krusial antara SEC dan wakil dari berbagai institusi keuangan ternama, terungkap bahwa hanya proposal yang mematuhi batas waktu yang akan diproses. Institusi yang gagal memenuhi tenggat ini harus bersabar lebih lama untuk mendapatkan persetujuan dari otoritas pengatur. Langkah ini menunjukkan keseriusan SEC dalam mengawasi pasar crypto yang terus berkembang.

Baca Juga: Apakah ETF Bitcoin Akan Menggulingkan Raja Crypto? Arthur Hayes Ungkap Hal Ini!

Optimisme Investor Meningkat

deretan proposal etf bitcoin
Sumber: Cointelegraph

Proposal ETF Bitcoin spot yang disetujui akan membuka akses bagi investor untuk berpartisipasi langsung dalam Bitcoin melalui produk yang diawasi secara resmi. Diharapkan ini akan menarik minat investor institusional yang lebih besar ke dalam pasar crypto.

Dengan penetapan biaya sebesar 0,80% untuk ETF yang merupakan hasil kerjasama antara ARK dan 21 Shares, investor kini dapat memperkirakan struktur biaya yang akan mereka tanggung. Keputusan SEC yang akan diumumkan pada tanggal 10 Januari 2024, sangat ditunggu-tunggu dan berpotensi menjadi momen penting bagi integrasi crypto ke dalam sistem keuangan dunia.

Baca Juga: Terungkap! Ini 25 Negara dengan Regulasi Crypto Terbaru di 2023

Perubahan Pendekatan Regulator

SEC, yang sebelumnya terkenal akan pendekatannya yang sangat konservatif terhadap aplikasi ETF Bitcoin spot, tampaknya mulai melunak. Ini terlihat dari hasil positif yang diperoleh Grayscale dalam gugatan hukum terhadap penolakan aplikasi ETF mereka oleh SEC. Perubahan ini menunjukkan adanya kemungkinan penerimaan yang lebih terbuka terhadap produk keuangan berbasis crypto.

Dengan adanya ETF Bitcoin spot, investor akan mendapatkan jalur yang lebih aman dan terstruktur untuk berinvestasi dalam crypto. Sekarang, industri crypto dan pasar keuangan menantikan dengan penuh harap keputusan dari SEC di awal tahun yang baru.

Pengumuman dari SEC ini menandai sebuah langkah penting dalam perkembangan pasar crypto. Dengan adanya tenggat waktu yang ketat dan kemungkinan persetujuan yang semakin dekat, sektor keuangan mungkin akan memasuki era baru dalam investasi crypto. Investor dari berbagai penjuru dunia kini menunggu keputusan yang akan membuka kesempatan baru untuk berinvestasi dalam Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: