Tellor (TRB) Crypto: Solusi Terdepan untuk Oracle Decentralized!

author:

Tellor (TRB) Crypto: Solusi Terdepan untuk Oracle Decentralized!

Jakarta, Pintu News – Jika kamu tertarik dengan dunia crypto, pasti sudah tidak asing lagi dengan Tellor. Namun, apa sebenarnya yang membuat Tellor menonjol di antara keramaian crypto yang ada? Simak lebih lanjut, yuk!

Mengenal Tellor (TRB) Crypto

Tellor adalah proyek crypto yang bertujuan untuk menjadi jaringan oracle terdesentralisasi terdepan. Proyek ini berfungsi sebagai protokol yang tidak dapat diubah yang dirancang untuk mengintegrasikan data dunia nyata ke dalam platform blockchain.

Baca juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (3/5/24), Harga Nomor 1 Meroket Hingga 70%!

Tellor mengatasi “masalah oracle” dengan memungkinkan blockchain seperti Ethereum untuk mengakses berbagai informasi eksternal, mulai dari harga mata uang kripto hingga acara olahraga dan pembaruan cuaca.

Keunikan Tellor terletak pada jaringan reporter terdesentralisasi yang bertanggung jawab atas pelaporan dan validasi data.

Token asli Tellor, TRB, memainkan peran penting dalam ekosistem ini dengan menyelaraskan insentif peserta dan memastikan jaringan oracle yang aman dan tahan sensor.

Bagaimana Cara Kerja Tellor Crypto?

Tellor crypto mengatasi masalah oracle dengan membangun jaringan tanpa izin di mana siapa pun dapat menyetor sejumlah dana untuk menjadi reporter data. Insentif Tellor diselaraskan melalui interaksi dinamis antara setoran dana, pelaporan data, dan penyelesaian sengketa.

Dengan melibatkan komunitas yang beragam, Tellor berupaya mengurangi risiko yang terkait dengan titik kegagalan terpusat, sehingga memastikan mekanisme oracle yang kuat dan andal.

Tellor juga menerapkan prinsip finalitas, yang menekankan pentingnya memvalidasi data dari waktu ke waktu. Sama seperti transaksi di bursa terpusat yang menjalani masa tunggu untuk finalisasi, Tellor mendorong praktik serupa untuk data on-chain.

Dengan pendekatan ini, proyek memastikan bahwa nilai hanya digunakan setelah jangka waktu tertentu di on-chain. Hal ini memungkinkan penyelesaian sengketa dan secara signifikan meningkatkan kemungkinan validitas data.

Baca juga: Kamino (KNMO) Crypto: Otomatiskan DeFi di Solana!

Token TRB: Insentif dan Utilitas

tellor crypto
Sumber: Biztech Africa

Token TRB, atau Tellor Tributes, adalah mata uang asli Tellor. TRB dirancang untuk memberi insentif pada jaringan pelaporan dan validasi data yang kuat, terbuka, dan tanpa izin.

Tujuan utama token TRB adalah untuk menyelaraskan dan menghubungkan kepentingan berbagai peserta dalam ekosistem Tellor, termasuk reporter data, konsumen, dan pemangku kepentingan.

Tokenomics TRB dirancang dengan persediaan tetap, memastikan kelangkaan dan membuat nilainya bergantung pada dinamika pasar dan permintaan dalam ekosistem. Sistem insentif TRB menciptakan lingkungan yang seimbang di mana peserta aktif diberi penghargaan yang sesuai dan jaringan tetap tangguh terhadap aktivitas jahat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: IQ Wiki