Telefónica dan Chainlink Bersatu Melawan Ancaman “SIM Swap”

author:

Telefónica dan Chainlink Bersatu Melawan Ancaman “SIM Swap”

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan industri blockchain, Telefónica, salah satu penyedia layanan telekomunikasi terbesar di dunia, mengumumkan telah berkolaborasi dengan Chainlink, jaringan oracle terdesentralisasi, untuk meningkatkan keamanan terhadap serangan dan eksploitasi terkait Web3, termasuk serangan “SIM Swap”.

Kolaborasi ini diharapkan akan membawa lapisan keamanan tambahan untuk transaksi blockchain dan menandai langkah besar dalam integrasi kemampuan telekomunikasi ke dalam industri blockchain.

Kolaborasi Strategis untuk Keamanan Web3

kolaborasi telefonica dan chainlink
Sumber: The Crypto Times

Telefónica akan memperkenalkan langkah keamanan ini di Brasil, dengan fokus pada pencegahan eksploitasi seperti “SIM Swap”, sebuah bentuk perangkat peretasan yang didasarkan pada pencurian identitas dan penyamaran palsu pemegang akun keuangan.

Baca juga: OpenAI dan Microsoft Berkolaborasi untuk Mencegah Serangan Cyber Terkait Negara

Skema ini semakin banyak digunakan dalam industri Web3, dan salah satu kasus profil tinggi baru-baru ini adalah pencurian $400 juta dari Sam Bankman-Fried’s FTX saat bursa tersebut runtuh pada tahun 2022.

Kemitraan ini akan menyediakan keamanan untuk kontrak pintar yang akan terhubung dengan Application Programmable Interfaces (API) lainnya di “GSMA Open Gateway”, menurut pernyataan yang diterbitkan pada hari Kamis.

GSMA, sebuah organisasi yang terdiri dari lebih dari 1.000 operator seluler dan bisnis, memulai GSMA Open Gateway, yang memperkenalkan API untuk membantu membawa teknologi telekomunikasi ke ekosistem Web3.

Peningkatan Fungsionalitas dan Keamanan

Kolaborasi ini menandai langkah signifikan dalam mengintegrasikan kemampuan Telco ke dalam industri blockchain dan menunjukkan kebutuhan akan jaringan oracle yang aman untuk menyampaikan data dunia nyata ke blockchain.

Ekosistem yang saling terhubung ini meningkatkan fungsionalitas dan keamanan aplikasi Web3, berkontribusi pada lanskap digital yang lebih kuat dan dapat diverifikasi.

API GSMA Open Gateway pertama – yang tepat disebut SIM SWAP – akan diperkenalkan di Brasil oleh Telefónica untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke transaksi blockchain. Integrasi ini tidak hanya meningkatkan keamanan transaksi tetapi juga memperkenalkan lapisan keamanan tambahan untuk transaksi blockchain dengan memungkinkan kontrak pintar untuk membuat permintaan informasi ke API, memastikan bahwa kartu SIM perangkat tidak mengalami perubahan yang tidak sah.

Baca juga: Chainlink Labs dan Protocol Labs Berkolaborasi untuk Meningkatkan Program Chainlink BUILD!

Dampak pada Industri Blockchain

blockchain dan ai
The image created by AI

Dengan Telefónica dan Chainlink yang bergabung untuk melawan ancaman “SIM Swap”, industri blockchain diharapkan akan melihat peningkatan keamanan dan kepercayaan dalam transaksi.

Kolaborasi ini menyoroti pentingnya keamanan dalam era Web3 dan bagaimana integrasi antara teknologi blockchain dan telekomunikasi dapat menciptakan solusi inovatif untuk melindungi pengguna.

Langkah ini menandai era baru dalam keamanan Web3, dengan Telefónica dan Chainlink memimpin jalan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Block