Keren! Teknologi Wireless Ini Siap Jadi Masa Depan Baru Metaverse

author:

Keren! Teknologi Wireless Ini Siap Jadi Masa Depan Baru Metaverse

Jika ingin menghadirkan Metaverse ke dalam kehidupan sehari-hari, device yang lebih ringan dan mudah dipakai daripada headset virtual reality (VR) saat ini sangat diperlukan. Meskipun setiap penggemar Metaverse mengharapkan alat yang lebih praktis, seperti kacamata normal yang mendukung aktivitas harian, namun faktanya, prosesor selalu membutuhkan fitur besar untuk menampung baterai dan lainnya.

Di tengah kegalauan ini, dilansir Coindesk pada 4 January 2023, Ixana, sebuah perusahaan baru, percaya bahwa akan ada device generasi baru yang lebih efektif untuk dipakai. Kira-kira seperti ya? Baca terus sampai habis!

Alat yang Beroperasi Lewat Tubuh Manusia

Di acara tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2023, Ixana, sebuah perusahaan elektronik yang tergolong baru ini mengatakan bahwa mereka memiliki inovasi baru yang dapat mengirimkan informasi melalui tubuh manusia.

Bukan melalui tubuh secara langsung, tetapi melalui medan elektromagnetik yang mengelilingi tubuh manusia. Teknologi yang dikembangkan Ixana disebut “Wi-R”, sebuah alat yang memanfaatkan kemampuan alami tubuh sebagai konduktor. Jadi, perangkat yang dipegang atau dipakai dapat mengirimkan data dengan efisien. Mengungkap inovasi ini, Ixana mengklaim menggunakan 100% jumlah energi yang biasanya digunakan dalam koneksi nirkabel konvensional seperti WiFi atau Bluetooth.

Pengalaman Baru Menggunakan Wi-R

Menurut laporan Coindesk, Wi-R disebut sebagai alat yang dapat digunakan di Metaverse, dunia digital imersif yang diciptakan oleh kombinasi realitas virtual, augmented reality (AR), dan internet.

Ide dari Wi-R adalah pengguna bisa menyimpan smartphone – yang sudah memiliki baterai kuat dan prosesor yang berkinerja baik – di saku mereka, lalu memberi daya pada headset di kepala, yang mana berguna untuk mentransmisikan semua data ke seluruh permukaan tubuh tanpa merasakan sensasi apa pun pada tubuh. Menurut Ixana, teknologi Wi-R mampu mendorong 4 aliran video high-definition terkompresi secara bersamaan.

Mengenai inovasi ini, Sherayas Sen, selaku salah satu pendiri dan Chief Technology Officer Ixana mengatakan, “Tidak perlu tenaga besar, di masa depan, kami membayangkan para pengguna akan memiliki teknologi di sekitarnya, yang bisa memberikan kemampuan distribusi jaringan di seluruh tubuh mereka.”

Memanfaatkan Koneksi Tanpa Kabel

WI-R masa depan metaverse
Sumber: Freepik

Dilansir Cointelegraph, salah satu pengguna mencoba kecanggihan Wi-R di CES 2023. Ketika orang tersebut memakai sepasang headphone yang memiliki chip Wi-R, dan tangannya mendekat ke ponsel khusus, orang tersebut dapat dengan jelas mendengar musik yang diputar dari ponsel. Selain itu, musik dapat langsung berhenti saat orang tersebut menjauhkan tangannya. Nampak biasa saja, namun yang mengesankan dari pengalaman ini adalah fakta bahwa casing ponsel maupun headphone tidak saling terhubung dengan kabel apa pun. Hal ini karena Wi-R dapat mentransmisikan seluruh data melalui medan elektromagnetik tubuh manusia.

Baca juga: Nokia Optimis Metaverse Gantikan Smartphone di Masa Depan

Wi-R Telah Mendapatkan Banyak Dukungan

Tidak akan dirilis dalam waktu dekat, salah satu pendiri Ixana sangat realistis tentang rintangan yang ada. Sen mengatakan perkembangan Wi-R akan memakan waktu dua hingga empat tahun sebelum akhirnya teknologi tersebut muncul untuk publik, dan memakan waktu empat hingga lima tahun sebelum produsen smartphone mengadopsinya.

Meski begitu, perilisan kit pengembang seharga $999 membuat Wi-R lebih maju dari sekadar pembuktian konsep. Sen juga mengatakan perusahaannya mendapat dukungan dari beberapa pemain besar, termasuk Samsung. Dengan adopsi Wi-R yang luas, masa depan Metaverse mungkin akan terlihat sangat berbeda dari hari ini. Tak hanya itu, beberapa ide untuk membangun kacamata augmented-reality yang kuat mungkin mulai menjadi kenyataan.


Referensi: