Teknologi Web3: Cara Baru Brand Kecantikan dan Fashion Terhubung dengan Konsumen

Teknologi Web3: Cara Baru Brand Kecantikan dan Fashion Terhubung dengan Konsumen

Jakarta, Pintu News – Di era digital saat ini, merek kecantikan dan mode terus mencari cara baru untuk terhubung dengan konsumen mereka. Dengan munculnya teknologi Web3, yang mencakup blockchain dan kecerdasan buatan, merek-merek terkemuka mulai memanfaatkannya untuk meningkatkan keterlibatan konsumen. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Teknologi Web3 Memungkinkan Produk Kecantikan yang Diciptakan Bersama

kiki world
Sumber: Akun X Kiki World

KIKI World, sebuah perusahaan perdagangan komunitas, menggunakan infrastruktur blockchain untuk menghubungkan komunitasnya dengan produk-produk yang mungkin menarik bagi mereka.

Platform KIKI memungkinkan kreator, merek, atau individu untuk membuat kampanye yang memberi penghargaan kepada audiens mereka atas partisipasi mereka. Baru-baru ini, KIKI meluncurkan sejumlah “merek multipemain” yang produknya diciptakan melalui masukan dan mekanisme pemungutan suara komunitas.

Peserta diberi hadiah atas tindakan mereka dengan “poin KIKI,” atau koleksi digital. Koleksi digital ini merupakan bagian penting dari infrastruktur KIKI, memungkinkan logika keterlibatan seputar minat pengguna.

Baca Juga: Web3 di Afrika: Antara Harapan dan Hambatan Regulasi yang Mengintai

Fashion dengan NFC Memungkinkan Koneksi Pelanggan

fashion nfc
Sumber: Cryptonews

Near-field communication (NFC) adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi nirkabel jarak dekat antara dua perangkat. Teknologi ini dapat digunakan untuk menghubungkan pakaian dengan perangkat seluler, memungkinkan merek untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen.

CreatedBy, sebuah ekosistem barang terhubung, menghubungkan barang fisik dengan “kembaran token” digital. Kembaran digital yang hidup di jaringan blockchain memecahkan masalah penting bagi merek, seperti memberikan informasi produk, aktivasi, dan pengalaman keterlibatan produk bagi konsumen.

Baca Juga: Bugatti Group Perkenalkan Platform Web3 untuk Kustomisasi Eksklusif Berbasis NFT

Tantangan dan Potensi Adopsi Web3 oleh Merek

Meskipun platform seperti KIKI dan CreatedBy memungkinkan koneksi konsumen-merek yang lebih baik, mungkin perlu waktu untuk adopsi arus utama terjadi. Banyak merek telah menghentikan sementara inisiatif Web3 mereka, dan salah satu hambatan terbesar untuk adopsi adalah edukasi.

Namun, merek-merek besar seperti Louis Vuitton tetap berkomitmen pada upaya Web3 mereka. Louis Vuitton membuka server Discord yang dirancang untuk menjalin hubungan dengan komunitas online dan pemegang NFT merek tersebut.

Kesimpulan

Teknologi Web3 menawarkan peluang baru bagi merek kecantikan dan mode untuk terhubung dengan konsumen mereka. Dengan menggunakan blockchain, NFC, dan kecerdasan buatan, merek dapat menciptakan pengalaman yang lebih personal dan menarik bagi pelanggan mereka. Meskipun ada tantangan dalam hal adopsi, potensi teknologi Web3 untuk meningkatkan keterlibatan konsumen sangat besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi