Tecpetrol Memanfaatkan Gas Terkait untuk Mining Crypto di Argentina: Apa Dampaknya bagi Ekonomi?

Tecpetrol Memanfaatkan Gas Terkait untuk Mining Crypto di Argentina: Apa Dampaknya bagi Ekonomi?

Dalam upaya untuk memanfaatkan sumber daya yang ada, Tecpetrol, produsen minyak utama Argentina, mengumumkan rencana untuk menambang crypto menggunakan gas terkait. Langkah ini datang di tengah-tengah krisis inflasi yang mendalam di Argentina, memicu diskusi tentang peran crypto dalam ekonomi negara. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tecpetrol dan Mining Crypto

btc mining diagram
Distribusi pool mining Bitcoin selama tiga hari terakhir. Sumber: BTC

Dilansir dari Cryptonews, Tecpetrol, berbasis di Buenos Aires, berencana menggunakan gas terkait dari ladang minyaknya di dekat Vaca Muerta untuk menghasilkan listrik yang akan digunakan untuk menyalakan rig penambang.

Meskipun perusahaan belum mengungkapkan koin apa yang akan ditambang, mereka telah bermitra dengan perusahaan yang melakukan fungsi serupa untuk perusahaan berbasis di AS. Operasi mining crypto Tecpetrol diharapkan dimulai antara akhir Oktober dan awal November.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Inflasi Argentina dan Bitcoin

Argentina telah berjuang dengan hiperinflasi selama beberapa dekade karena kebijakan yang gagal. Dalam sejarahnya, pemerintah Argentina seringkali memilih untuk mengembangbiakkan pasokan uang melalui deposito bank atau obligasi pemerintah.

Harga Bitcoin di bursa domestik telah melonjak menjadi 19,6 juta peso Argentina, naik dari 14,2 juta saat BTC mencapai rekor tertingginya dalam dolar AS pada November 2021.

Namun, meskipun ada penurunan 61,5% dari $69.000, investor di Argentina masih berhasil mengumpulkan keuntungan sebesar 38% jika diukur dalam mata uang lokal.

Baca Juga: Meski Menghadapi Kontroversi, Rekor Pendaftaran Harian Worldcoin (WLD) Capai 9.500 Pengguna di Argentina

Bitcoin sebagai Penyimpan Nilai di Argentina

bitcoin and argentina
Sumber: Watcher Guru

Menurut harga Bitso dalam peso Argentina, Bitcoin telah meningkat 150% selama dua tahun hingga 21 September, bergerak dari 7,84 juta peso menjadi 16,6 juta peso.

Namun, tingkat inflasi resmi yang terakumulasi selama periode ini telah melebihi 300%, membuatnya salah untuk mengklaim bahwa Bitcoin telah menjadi penyimpan nilai yang dapat diandalkan.

Meskipun demikian, investor telah memiliki kesempatan untuk memahami keuntungan dari kepemilikan mandiri dan kelangkaan, mengingat mata uang lokal telah hancur oleh pasokannya yang terus meningkat.

Dengan memanfaatkan gas terkait untuk menambang crypto, Tecpetrol menunjukkan inovasi dalam menghadapi tantangan ekonomi. Namun, dengan inflasi yang merajalela di Argentina, pertanyaannya tetap: apakah crypto, khususnya Bitcoin, dapat menjadi solusi jangka panjang bagi ekonomi negara?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: