Robert F. Kennedy Jr. Puji Bitcoin, Sebut CBDC Sebagai Alat Pengendalian?

Robert F. Kennedy Jr. Puji Bitcoin, Sebut CBDC Sebagai Alat Pengendalian?

Robert F. Kennedy Jr., salah satu kandidat presiden dari Partai Demokrat AS, baru-baru ini mengekspresikan pandangannya terhadap dunia cryptocurrency. Ia memberikan pujian tinggi terhadap Bitcoin, sementara ia juga mengecam Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) sebagai alat pengendalian.

Kira-kira apa saha yang disampaikan oleh Kennedy terkait hal ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Dalam Pandangan Kennedy

bitcoin dalam pandangan kennedy
Sumber: LinkedIn

Dilansir dari Decrypt, Kennedy menyebut Bitcoin sebagai teknologi yang memberikan kebebasan kepada orang banyak. Menurutnya, Bitcoin memiliki potensi besar untuk melindungi individu dari pengawasan dan kontrol pemerintah. Dengan demikian, menurut pandangannya, Bitcoin dapat menjadi alat yang efektif untuk menjaga privasi dan kebebasan ekonomi individu.

Ia menekankan bahwa Bitcoin, sebagai mata uang digital yang desentralisasi, dapat mencegah pemerintah atau lembaga keuangan lainnya dari intervensi dan pengendalian yang tidak perlu. Ini membantu masyarakat mempertahankan kontrol atas uang mereka sendiri.

Baca Juga: Bomber Bitcoin Jack Dorsey Dukung Robert Kennedy Jr. untuk Pemilihan Presiden 2024!

CBDC Sebagai Alat Pengendalian?

cbdc dan kennedy
Sumber: Chain Debrief

Di sisi lain, Kennedy memberikan pandangan yang berlawanan mengenai CBDC. Menurutnya, CBDC adalah alat pengendalian yang cenderung merusak privasi dan kebebasan individu. Ia berpendapat bahwa mata uang digital yang dikeluarkan oleh bank sentral dapat menjadi alat baru untuk melacak dan mengendalikan aktivitas keuangan masyarakat.

CBDC, yang dikeluarkan dan diatur oleh bank sentral, berisiko meningkatkan pengawasan oleh pemerintah dan berpotensi menggerus hak privasi masyarakat. Menurut Kennedy, ini adalah sesuatu yang harus diwaspadai.

Baca Juga: Jack Dorsey Dukung Kennedy Jadi Presiden AS, Sinyal Kuat untuk Masa Depan Crypto?

Perspektif Kennedy Mengenai Masa Depan Keuangan

Kennedy mencerminkan visinya tentang masa depan keuangan global dengan teknologi blockchain dan mata uang digital. Ia berpendapat bahwa, meskipun CBDC mungkin menawarkan keuntungan tertentu, seperti efisiensi dan kecepatan, kita harus berhati-hati terhadap potensi penyalahgunaannya sebagai alat pengendalian.

Sementara itu, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya yang beroperasi di luar kendali bank sentral dan pemerintah menawarkan sebuah alternatif. Kennedy melihat bahwa ini dapat memberikan masyarakat lebih banyak kontrol dan privasi atas uang mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: