Heboh! Taiwan Siapkan Rancangan Hukum Khusus Crypto, Apa Saja Isinya?

Heboh! Taiwan Siapkan Rancangan Hukum Khusus Crypto, Apa Saja Isinya?

Pemerintah Taiwan sedang mempersiapkan rancangan hukum khusus untuk mengatur industri crypto. Rancangan ini diharapkan dapat diserahkan pada akhir November. Langkah ini diambil seiring meningkatnya kekhawatiran tentang arbitrase regulasi dan kebutuhan pengawasan terhadap bursa crypto luar negeri yang beroperasi di Taiwan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perbedaan Crypto dan Produk Keuangan Tradisional

crypto dan produk keuangan tradisional taiwan
Sumber: Cryptoslate

Yung-Chang Chiang, anggota Yuan Legislatif Taiwan, menekankan perlunya undang-undang khusus untuk mengatur perusahaan crypto.

Menurutnya, crypto berbeda secara signifikan dari produk keuangan tradisional dan harus tunduk pada regulasi yang berbeda. Chiang mengadakan sidang publik di parlemen untuk membahas rancangan proposal dengan penyedia layanan aset virtual, ahli hukum, dan akademisi.

Chiang menekankan bahwa meskipun Komisi Pengawas Keuangan (FSC) Taiwan baru-baru ini merilis pedoman untuk sektor crypto untuk menetapkan aturan pengawasan diri melalui asosiasi industri potensial, langkah tersebut tidak memiliki kekuatan hukum.

Dalam hukum khusus yang diusulkan, otoritas regulasi akan memiliki kekuatan untuk memberikan sanksi administratif kepada operator yang melanggar aturan pengawasan diri ini.

Baca Juga: Taiwan: Menjadi Ikon Baru Dunia Crypto di Asia?

Perizinan dan Sanksi dalam Hukum Crypto

Ketentuan utama dari hukum khusus yang diusulkan akan mengharuskan semua platform crypto yang beroperasi di Taiwan untuk mengajukan izin. Mereka yang gagal melakukannya dapat menghadapi perintah untuk menghentikan operasi. Saat ini, Taiwan telah mengharuskan penyedia layanan aset virtual untuk mematuhi hukum anti pencucian uang (AML) sejak FSC memperkenalkan aturan AML pada Juli 2021.

Namun, industri crypto yang lebih luas masih sebagian besar tidak diatur. Chiang menunjukkan bahwa masih banyak platform crypto yang beroperasi di Taiwan yang belum menyatakan kepatuhan AML kepada FSC, dan tanpa hukum khusus, regulator memiliki sumber daya terbatas.

Baca Juga: Taiwan Perketat Aturannya, Kini Platform Crypto Luar Negeri Harus Patuhi Regulasi Baru

Tantangan dan Peluang dalam Peraturan Baru

tantangan dan peluang regulasi crypto taiwan
Sumber: Medium

Chiang juga mengakui bahwa kemungkinan kecil hukum khusus ini akan melewati tiga pembacaan selama sesi legislatif saat ini, yang diharapkan berakhir pada akhir tahun. Dia mengutip pemilihan mendatang dan fokus sesi legislatif pada peninjauan anggaran pemerintah sebagai faktor yang mempengaruhi jadwal tersebut.

Damien Ho, perwakilan kemitraan global di Binance, menyebutkan bahwa banyak platform crypto di Taiwan masih menghadapi tantangan dalam mengakses layanan perbankan yang sesuai.

Ho menyarankan agar pemerintah Taiwan mendorong bank swasta atau publik untuk menjadi lebih ramah crypto dan menangani bisnis yang relevan dengan perusahaan crypto. Pendekatan ini, menurutnya, akan mendorong pengembangan bisnis crypto secara teratur dan efektif.

Dengan adanya rancangan hukum khusus ini, diharapkan dapat memberikan kepastian hukum bagi industri crypto di Taiwan. Meski demikian, proses pembentukan hukum ini masih memerlukan waktu dan perdebatan yang panjang. Bagaimanapun, ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam pengaturan industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: