Taiwan Siap Gebrak Pasar dengan ETF Crypto?

Taiwan Siap Gebrak Pasar dengan ETF Crypto?

Apakah kamu siap untuk revolusi investasi baru di Taiwan? Komisi Pengawas Keuangan Taiwan (FSC) tengah mempertimbangkan peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (exchange-traded funds atau ETF) berbasis crypto, dengan mengamati tren global dan perkembangan regulasi. Langkah ini bisa menjadi game-changer bagi pasar keuangan Asia dan investor yang ingin terjun ke dunia crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Menakar Peluang ETF Crypto di Taiwan

FSC Taiwan sedang dalam fase eksplorasi untuk memperkenalkan ETF crypto di pasar domestik. Mereka mengaku akan mengambil langkah ini setelah mempelajari perkembangan produk serupa di pasar global. Keputusan ini dipengaruhi oleh dinamika pasar yang terus berubah, termasuk keputusan Federal Reserve AS untuk memotong suku bunga dan rencana SEC untuk meninjau ETF Bitcoin spot pada Januari mendatang.

Taiwan tidak ingin ketinggalan dalam tren global ETF crypto. FSC mengakui bahwa ETF berbasis indeks Bitcoin bisa memiliki dampak signifikan, tergantung pada persetujuan SEC dan izin investasi publik yang menyusul. Bank investasi domestik Taiwan telah lama tertarik untuk memperkenalkan produk serupa, menandakan potensi pasar yang besar.

Baca Juga: Taiwan: Menjadi Ikon Baru Dunia Crypto di Asia?

Strategi Bertahap FSC

srategi fsc taiwan
Sumber: Payment Expert

FSC menekankan pentingnya pendekatan bertahap dalam meliberalisasi aturan perdagangan aset digital. Mereka berencana untuk mengandalkan pada disiplin diri dan regulasi yang ada sebagai dasar. Pendekatan ini mencerminkan kehati-hatian Taiwan yang historis, terutama dalam menanggapi volatilitas dan sifat spekulatif dari crypto.

Taiwan mungkin akan mempertimbangkan “ETF konsep crypto” sebagai alternatif. Produk ini akan memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur terhadap industri crypto tanpa terkait langsung dengan fluktuasi harga crypto. ETF ini bisa berinvestasi pada vendor perangkat lunak dan perangkat keras yang terkait dengan crypto, memberikan diversifikasi yang lebih aman bagi investor.

Dengan mata dunia tertuju pada Taiwan, langkah berikutnya dari FSC akan sangat menentukan arah pasar crypto di Asia. Investor dan pengamat pasar kini menunggu dengan penuh antisipasi, apakah Taiwan akan menjadi pemain utama berikutnya dalam ETF crypto global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: