Taiwan Perketat Aturannya, Kini Platform Crypto Luar Negeri Harus Patuhi Regulasi Baru

author:

Taiwan Perketat Aturannya, Kini Platform Crypto Luar Negeri Harus Patuhi Regulasi Baru

Dalam langkah terbaru untuk mengatur industri crypto yang berkembang pesat, Taiwan telah mengumumkan panduan baru yang menargetkan platform crypto luar negeri. Apa yang diusulkan oleh regulasi ini dan bagaimana dampaknya bagi pasar crypto Taiwan?

Platform Luar Negeri Harus Terdaftar di Taiwan

taiwan mobile
Sumber: Kryptomoney

Komisi Pengawas Keuangan (FSC) Taiwan telah merumuskan 10 prinsip yang diharapkan akan dipublikasikan pada akhir September. Prinsip-prinsip ini bertujuan untuk meningkatkan praktik terkait pengungkapan informasi, kontrol internal, dan kepatuhan AML/CFT.

Baca juga: Vitalik Buterin Rilis Makalah ‘Privacy Pools’, Sebuah Solusi untuk Privasi dan Kepatuhan Regulasi!

Fokus utama dari panduan ini adalah mencegah platform kripto luar negeri yang tidak berlisensi beroperasi di Taiwan tanpa pendaftaran dan kepatuhan yang tepat.

Pedoman tersebut menekankan bahwa entitas luar negeri harus mendaftar sesuai dengan Hukum Perusahaan dan mengajukan pernyataan kepatuhan AML/CFT kepada Komisi untuk beroperasi di Taiwan.

Regulasi untuk Platform Domestik dan Pedagang Crypto

Untuk platform domestik, regulasi menyeluruh mencakup peninjauan dan daftar token, penerbitan whitepaper penerbit, pemisahan aset pelanggan dan perusahaan, penerapan sistem keamanan dan manajemen kritis yang kuat, meningkatkan transparansi melalui pengungkapan informasi transaksi, dan implementasi kontrol anti-pencucian uang.

Aturan juga menentukan bahwa pedagang kripto individu harus mematuhi langkah-langkah AML/CFT setara dengan entitas hukum. Semua platform akan dikenakan audit potensial oleh Komisi sebagai badan regulasi yang ditunjuk.

Baca juga: IMF dan FSB Berikan Panduan Regulasi Aset Crypto untuk Era Baru di G20!

Pendekatan Progresif dalam Regulasi Crypto

Menurut pejabat, 10 prinsip ini mewakili fase awal pengawasan crypto di Taiwan, dengan tujuan untuk mengubah regulasi formal di masa depan.

Setelah panduan dipublikasikan, asosiasi industri akan merumuskan standar swa-regulasi tambahan. Komisi berencana untuk memantau praktik terbaik internasional dan merevisi kebijakan sesuai dengan pendekatan yang progresif.

Langkah ini menunjukkan tujuan Taiwan untuk menyeimbangkan inovasi dan pengawasan dengan fokus pada pengungkapan informasi, perlindungan konsumen, dan pembatasan operator luar negeri yang tidak berlisensi.

Dengan penerapan panduan baru ini, Taiwan berupaya menciptakan lingkungan yang aman dan teratur bagi industri crypto, sambil memastikan bahwa platform luar negeri mematuhi standar yang sama seperti platform domestik. Ini adalah langkah penting menuju masa depan crypto yang lebih stabil dan teratur di Taiwan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: