Taiwan Siapkan Hukum Khusus Crypto, Apakah Indonesia Akan Mengikuti?

Taiwan Siapkan Hukum Khusus Crypto, Apakah Indonesia Akan Mengikuti?

Taiwan bergerak cepat dalam merespons perkembangan industri crypto. Menurut laporan terbaru, negara ini berencana untuk merilis draf pertama hukum khusus crypto pada akhir November 2023. Langkah ini diambil untuk menghindari “arbitrase regulasi” dan meningkatkan pengawasan terhadap pertukaran offshore. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Langkah Awal Menuju Regulasi Crypto

regulasi crypto di taiwan
Sumber: Coinwire

Menurut laporan dari The Block, anggota Yuan Legislatif Taiwan, Yung-Chang Chiang, berencana untuk membuat draf pertama hukum khusus ini tersedia untuk dibaca oleh parlemen pada akhir November atau lebih awal.

Chiang menekankan bahwa regulasi ini “diperlukan” untuk mengatur bisnis terkait crypto. Dia juga menambahkan bahwa aset crypto berbeda dari produk keuangan tradisional dan perlu diatur melalui hukum khusus.

Pada 6 Oktober, Chiang mengadakan sidang publik di parlemen Taiwan yang melibatkan penyedia layanan aset digital, akademisi, dan pihak lainnya dalam industri ini untuk membahas proposal draf tersebut.

Baca Juga: Perkenalkan Pedoman Baru, Taiwan Ketatkan Regulasi Crypto!

Perlindungan Investor dan Penyedia Layanan

Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan perlindungan investor crypto, Komisi Pengawas Keuangan Taiwan merilis pedoman pada 26 September. Pedoman ini mencakup aturan yang meliputi industri secara keseluruhan, termasuk pemisahan aset di kas perusahaan dari aset pelanggan dan mekanisme untuk meninjau daftar dan penghapusan aset digital.

Selain itu, aturan tersebut menyatakan bahwa penyedia layanan aset virtual asing tidak dapat menyediakan layanan di Taiwan tanpa persetujuan yang diperlukan dari otoritas regulasi setempat. Pada hari yang sama, bursa crypto besar yang beroperasi di Taiwan membentuk sebuah asosiasi untuk memajukan kepentingan industri.

Baca Juga: Taiwan dan El Salvador Bersatu Tingkatkan Regulasi Crypto, Apa Dampaknya Bagi Industri Crypto Global?

Antisipasi Masa Depan Industri Crypto

masa depan crypto di taiwan
Sumber: Bitcoinsensus

Meski demikian, Chiang percaya bahwa pendekatan ini masih kurang dalam hal penegakan hukum. Menurutnya, tidak ada persetujuan untuk izin operasional, dan hukum khusus crypto yang diusulkan akan menutupi celah ini setelah diserahkan ke Parlemen pada November. Bursa crypto tanpa izin akan melihat operasi mereka dihentikan sampai mereka mendapatkan persetujuan yang relevan di Taiwan.

Dengan langkah cepat Taiwan ini, pertanyaannya adalah apakah Indonesia akan mengikuti jejaknya dalam merespons perkembangan industri crypto yang semakin pesat? Hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: