Taiko Menggalang $37 Juta untuk Membangun Infrastruktur Web3 demi Internet Bebas Sensor

Taiko Menggalang $37 Juta untuk Membangun Infrastruktur Web3 demi Internet Bebas Sensor

Taiko, sebuah startup yang didirikan oleh Daniel Wang, telah berhasil menggalang $37 juta untuk membangun infrastruktur Web3 yang mendukung internet bebas sensor. Wang, yang merupakan seorang pengusaha serial, awalnya ingin membawa desentralisasi ke platform sosial. Dia percaya bahwa jaringan desentralisasi seperti blockchain dapat membantu melawan sensor melalui penyimpanan data terdistribusi dan moderasi konten berbasis komunitas.

Wang ingin membangun aplikasi desentralisasi di Ethereum, blockchain yang diciptakan oleh Vitalik Buterin, yang telah menarik banyak pengembang yang menggunakan “smart contract” untuk mengaktifkan aplikasi crypto di luar sekadar penyimpanan nilai. Namun, setelah penelitian ekstensif, Wang menyadari bahwa solusi “Layer 2” Ethereum, yang dirancang terutama untuk meningkatkan skala transaksi di jaringan, tidak benar-benar desentralisasi.

Baca Juga: SEC Hadapi Tekanan dari Para Pembuat Undang-Undang untuk Mundur dari Industri Crypto

Taiko, yang didirikan pada Maret 2022, telah mengumpulkan $37 juta melalui tiga putaran pendanaan. Putaran Seri A baru-baru ini, yang berhasil mengumpulkan $15 juta, dipimpin oleh Lightspeed Faction, Hashed, Generative Ventures, dan Token Bay Capital. Taiko, yang telah mencapai status unicorn, menggunakan dana tersebut untuk mempersiapkan peluncuran mainnetnya dan baru-baru ini mengumumkan alokasi $30 juta dalam hibah untuk pengembang.

Nubank: Wawasan dari CEO tentang Lonjakan Profit dan VC di LatAm

nubank circle usdc brasil
Sumber: CNBC

David Vélez, CEO dan salah satu pendiri Nubank, berbagi wawasan tentang bagaimana bank digital yang berbasis di São Paulo, Brasil, berhasil meningkatkan kapitalisasi pasar lebih dari 40% dalam delapan bulan dan mencatat laba bersih $1 miliar untuk tahun 2023. Nubank, yang menawarkan kartu kredit, rekening giro, dan asuransi jiwa kepada konsumen, telah menjadi salah satu contoh sukses di Amerika Latin.

Baca Juga: Bitcoin dan Crypto: Naik Turun Harga Mengguncang Pasar

Vélez membahas mengapa beberapa investor crypto tetap berinvestasi di LatAm dan mengapa wilayah tersebut masih merupakan tempat yang bagus untuk menanamkan dolar ventura. Dia juga menyoroti startup di LatAm yang paling tangguh dan apa yang dapat dipelajari wilayah lain dari mereka.

Kedua artikel ini menyoroti inovasi dan pertumbuhan di sektor teknologi dan keuangan, dengan fokus pada desentralisasi dan potensi pasar di Amerika Latin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: