Ethereum: Menuju Tahun Terbesar dalam Sejarahnya di 2024!

Ethereum: Menuju Tahun Terbesar dalam Sejarahnya di 2024!

Tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun terbesar dalam sejarah blockchain Ethereum. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, termasuk kemungkinan disetujuinya Ethereum Spot exchange-traded fund (ETF) di Amerika Serikat dan siklus bullish pertama jaringan sejak The Merge pada tahun 2022. Pembaruan ini membuat ETH deflasi selama periode penggunaan jaringan yang tinggi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Ethereum: Menuju Deflasi dan Biaya Lebih Murah

supply eth sejak the merge
Sumber: Ultra Sound Money

Sejak The Merge, 0,2% dari pasokan Ethereum telah dibakar, dan jumlah ini akan terus meningkat dalam beberapa bulan mendatang seiring dengan meningkatnya penggunaan jaringan. Selain itu, pembaruan jaringan Ethereum berikutnya — Ethereum Improvement Proposal 4844 — dijadwalkan akan terjadi tahun ini.

Pembaruan ini bertujuan untuk membuat seluruh ekosistem blockchain layer-2 (L2s) yang dibangun di sekitar Ethereum hingga 10 kali lebih murah. Ini akan menjadi titik balik utama dalam siklus ini, dan akan membawa Ethereum dan layer 2 ke tahun terbesar mereka dalam sejarah.

Idenya sederhana: Tanpa L2s, Ethereum tidak dapat ditingkatkan. Dan tanpa subchains dan tim pengembang bisnis khusus, L2s tidak tumbuh dengan kecepatan yang mereka butuhkan.

Baca Juga: Ethereum Kalah Saing dengan Layer-1 Lain, Bagaimana Prospeknya?

Pergeseran Paradigma dan Persaingan Ketat

Pada tahun 2024, permainan akan berubah. Dengan lebih banyak posisi kepemimpinan di perusahaan besar — dengan pola pikir yang jauh lebih matang tentang cara membangun on-chain — ekosistem blockchain sedang mengalami periode spesialisasi.

Saat ini, terbukti bahwa blockchain L2 terbesar sedang tersegmentasi menjadi subchains dengan konfigurasi khusus dan tim serta struktur khusus untuk onboarding ceruk tertentu. Menggunakan Polygon sebagai contoh, alih-alih hanya memiliki satu blockchain generalis untuk semua aplikasi dan tim pengembangan bisnis regional, Polygon sudah melakukan diversifikasi ke beberapa subchains yang didedikasikan untuk kasus penggunaan tertentu.

polygon cdk
Sumber: Akun X Polygon

Polygon menyediakan pasar dengan Chain Development Kit (CDK) — tempat subchains dibangun — dan semua likuiditas dihubungkan oleh lapisan agregasi. Pergeseran paradigma ini brutal, dan tahun 2024 menjanjikan akan menjadi pertempuran besar, karena banyak subchains khusus dan tim pengembangan bisnis dari masing-masing blockchain L2 utama ini akan bersaing di segmen yang sama.

Dengan demikian, tahun 2024 memiliki segalanya untuk menjadi tahun ketika aplikasi pembunuh Web2 akhirnya terlihat muncul di Web3. Ini akan menjadi tahun blockchain L2 dan, akibatnya, tahun terbesar bagi jaringan Ethereum.

Baca Juga: Ethereum Menuju $3.000: Simak Fenomena Lonjakan Deposit Staking yang Mencengangkan!

Pertumbuhan Alamat Unik Ethereum

Ethereum telah tumbuh secara konsisten dalam adopsi, penggunaan, dan nilai selama bertahun-tahun. Ini adalah mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar dan blockchain Web3 dan DeFi terkemuka.

Menariknya, jumlah alamat unik dalam jaringan merupakan metrik yang berwawasan untuk dilihat dan membuktikan pertumbuhan ini. Untuk itu, Finbold mengambil data dari Etherscan pada tanggal 7 Februari, yang menunjukkan hampir 257,60 juta alamat unik saat ini.

Secara khusus, pengguna membuat hampir 3,54 juta alamat baru pada tahun 2024, dari 254,07 juta yang terdaftar pada tanggal 1 Januari. Rata-rata, peningkatan harian alamat unik Ethereum tahun 2024 adalah 95.570, dengan penambahan 96.145 pada tanggal 6 Februari saja.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi