Synthetix: Revolusi Aset Sintetis dalam Dunia DeFi

Synthetix: Revolusi Aset Sintetis dalam Dunia DeFi

Dunia keuangan terdesentralisasi (DeFi) terus berkembang pesat, menghadirkan berbagai inovasi yang mengubah cara kita bertransaksi dan berinvestasi.

Salah satu proyek DeFi yang paling menarik dan unik adalah Synthetix, sebuah protokol asuransi aset terdistribusi berbasis blockchain. Dalam artikel ini, kita akan menyelami lebih dalam tentang Synthetix, cara kerjanya, dan potensinya dalam merevolusi dunia aset sintetis.

Mengenal Synthetix

Synthetix adalah protokol asuransi aset terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk menerbitkan dan memperdagangkan berbagai aset sintetis.

Baca Juga: Animal Race Mengguncang Pasar Crypto! Balapan Hamster Bisa dapet Crypto Gratis?

Aset sintetis, atau yang dikenal sebagai “Synths”, adalah token digital yang melacak nilai aset dunia nyata, seperti mata uang fiat, komoditas, saham, dan bahkan indeks. Dengan Synthetix, pengguna dapat memperoleh eksposur ke berbagai aset tanpa harus memiliki aset tersebut secara langsung.

Cara Kerja Synthetix

infinex dex synthetix
Sumber: CoinGecko

Synthetix menggunakan mekanisme unik yang disebut “staking” untuk membuat dan memperdagangkan Synths. Pengguna dapat mempertaruhkan token asli Synthetix, SNX, untuk membuat Synths.

Ketika pengguna mempertaruhkan SNX, mereka pada dasarnya meminjam dari kumpulan likuiditas Synthetix dan harus mempertahankan rasio agunan minimal 750%. Rasio agunan ini memastikan bahwa nilai Synths yang diterbitkan didukung oleh aset yang cukup.

Keunggulan Synthetix

Synthetix menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan platform perdagangan aset tradisional. Pertama, Synthetix menyediakan likuiditas yang tinggi untuk berbagai aset, termasuk aset yang sulit diakses atau diperdagangkan di pasar tradisional.

Kedua, Synthetix memungkinkan perdagangan aset sintetis tanpa memerlukan pihak lawan (counterparty). Ketiga, Synthetix menggunakan sistem perdagangan peer-to-contract yang cepat dan efisien, tanpa memerlukan buku pesanan (order book).

Potensi Synthetix

Synthetix memiliki potensi besar untuk merevolusi dunia aset sintetis dan membuka peluang investasi baru yang menarik. Dengan menyediakan akses ke berbagai aset sintetis, Synthetix memungkinkan investor untuk mendiversifikasi portofolio mereka dan mengurangi risiko.

Selain itu, Synthetix dapat digunakan untuk membuat produk keuangan yang inovatif, seperti opsi dan futures, yang dapat memberikan peluang keuntungan yang lebih besar bagi investor crypto.

Penutup

Synthetix adalah proyek DeFi yang inovatif dan memiliki potensi besar untuk mengubah cara kita bertransaksi dan berinvestasi. Dengan menawarkan aset sintetis yang didukung oleh agunan, Synthetix menyediakan akses ke berbagai aset dunia nyata tanpa memerlukan kepemilikan langsung.

Baca Juga: Pendapatan Harian Penambang Bitcoin Cetak Rekor Baru Jelang Halving, Mencapai $78,6 Juta!

Melalui mekanisme staking dan perdagangan peer-to-contract, Synthetix menciptakan pengalaman perdagangan yang efisien dan transparan. Synthetix adalah proyek crypto yang patut diperhatikan dan diikuti perkembangannya di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi