Inisiatif Baru di Swiss: Petisi untuk Memasukkan Bitcoin ke dalam Cadangan Bank Nasional

Inisiatif Baru di Swiss: Petisi untuk Memasukkan Bitcoin ke dalam Cadangan Bank Nasional

Jakarta, Pintu News – Di tengah ketidakpastian ekonomi global, sekelompok penggiat Bitcoin di Swiss kembali menggalakkan usaha mereka untuk mendesak Bank Nasional Swiss (SNB) agar memasukkan Bitcoin dalam cadangan keuangannya. Upaya ini, yang mencakup peluncuran sebuah petisi untuk amandemen konstitusional, menargetkan untuk mengumpulkan lebih dari 100.000 tanda tangan dari warga Swiss. Simak berita lengkapnya disini!

Peluncuran Petisi dan Tujuannya

Kelompok yang dipimpin oleh Yves Bennaïm, pendiri dan ketua think tank nirlaba 2B4CH, telah memulai sebuah petisi yang bertujuan untuk mengubah konstitusi Swiss agar memasukkan Bitcoin sebagai bagian dari cadangan moneter nasional. Menurut Bennaïm, langkah ini akan membantu menjaga kedaulatan dan netralitas Swiss dalam perekonomian global yang semakin tidak pasti.

Organisasi ini sedang menyelesaikan persiapan organisasi dan dokumen yang diperlukan untuk diajukan kepada Kanselir Negara. Langkah ini penting untuk memulai proses yang resmi dan membawa isu ini ke hadapan publik Swiss untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan.

Baca Juga: Terungkap! Kekayaan Proyek Crypto di Swiss dan Liechtenstein Melonjak Tajam Hingga $382 Miliar

Tantangan dan Harapan

tantangan dan harapan swiss
Sumber: Akun X Remo Uherek

Salah satu tantangan terbesar dalam upaya ini adalah mengumpulkan 100.000 tanda tangan dalam waktu 18 bulan, syarat yang harus dipenuhi agar referendum dapat diadakan. Pada percobaan pertama mereka pada Oktober 2021, 2B4CH menghadapi kesulitan dalam memenuhi kuota ini meskipun upaya mereka yang signifikan.

Luzius Meisser, presiden platform perdagangan yang berfokus pada Bitcoin, Bitcoin Suisse, yang mendukung Bennaïm, percaya bahwa inklusi Bitcoin dalam cadangan SNB akan menandakan kemandirian Swiss dari Bank Sentral Eropa. Hal ini juga akan memperkuat posisi netral Swiss di panggung global.

Baca Juga: Swiss Mengejutkan Dunia, Turunkan Suku Bunga di Tengah Tekanan Inflasi Globa!l

Pengaruh Terhadap Kebijakan Moneter

Pada tanggal 26 April, Meisser berkesempatan untuk menyampaikan manfaat penambahan Bitcoin ke dalam neraca SNB dalam sebuah pertemuan. Walaupun hanya memiliki waktu tiga menit untuk menyampaikan argumennya, ia optimis bahwa usahanya bisa membawa perubahan.

Pada Maret 2022, Meisser telah mencoba meyakinkan SNB untuk mengalokasikan $1 miliar Swiss franc setiap bulan untuk Bitcoin sebagai alternatif dari obligasi pemerintah Jerman. Namun, upaya ini ditolak oleh Thomas Jordan, ketua SNB, yang menyatakan bahwa Bitcoin tidak memenuhi syarat yang diperlukan untuk menjadi mata uang cadangan.

Kesimpulan

Inisiatif untuk memasukkan Bitcoin dalam cadangan Bank Nasional Swiss merupakan langkah berani yang mencerminkan pengakuan terhadap crypto sebagai aset keuangan yang sah. Meski menghadapi tantangan regulasi dan persyaratan konstitusional, harapan tetap tinggi bahwa upaya baru ini akan menghasilkan perubahan positif yang akan menguntungkan ekonomi Swiss di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: