SWIFT Membuka Jalan dengan Integrasi Teknologi Token ke Dalam Sistem Keuangan Global!

author:

SWIFT Membuka Jalan dengan Integrasi Teknologi Token ke Dalam Sistem Keuangan Global!

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan terkini yang mengejutkan, Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), lembaga keuangan global yang selama ini dikenal sebagai tulang punggung sistem pembayaran internasional, mengumumkan rencananya untuk memainkan peran penting dalam ekosistem keuangan yang diberdayakan oleh token.

Dengan menggabungkan keahlian dalam layanan pesan dengan potensi teknologi buku besar bersama, SWIFT berambisi untuk menjadi jembatan antara dunia keuangan tradisional dan masa depan digital yang terdesentralisasi.

SWIFT dan Masa Depan Keuangan Digital

Sumber: X

SWIFT, yang telah lama menjadi standar dalam komunikasi keuangan internasional, kini melihat tokenisasi dan model buku besar bersama sebagai kunci untuk memperbarui sistem pembayaran global.

Baca juga: SWIFT Rangkul Chainlink untuk Meningkatkan Pontensi Tokenisasi Aset, Bagaimana Dampaknya?

Organisasi ini menekankan pentingnya infrastruktur bersama yang dapat memberikan pembaruan saldo secara real-time kepada semua peserta dalam buku besar bersama.

Namun, SWIFT juga mengakui bahwa buku besar bersama memiliki keterbatasan dalam mengelola volume data yang besar. Ini menunjukkan perlunya lapisan pesan yang mampu mendukung transaksi dan layanan keuangan yang memerlukan banyak data, termasuk kepatuhan, pencegahan pencucian uang, dan penyaringan sanksi.

Integrasi Lapisan Pesan dalam Sistem Pembayaran Ter-tokenisasi

SWIFT mengusulkan penggunaan teknologi pesan ISO-20022 yang sudah ada sebagai dasar untuk model pembayaran baru yang menggabungkan sistem terpusat dan terdesentralisasi.

Model ini mengasumsikan mesin keadaan yang dapat mencerminkan status transaksi dan saldo secara dinamis di berbagai institusi, baik itu dibangun di atas teknologi blockchain atau platform terpusat seperti SWIFT Transaction Manager.

Pendekatan hibrida ini bertujuan untuk memfasilitasi transisi yang mulus ke sistem pembayaran yang ter-tokenisasi sambil juga memenuhi kebutuhan regulasi dan pemrosesan transaksi keuangan yang efektif.

Baca juga: Alami Krisis Mata Uang, Warga Argentina Lebih Memilih Investasi Bitcoin!

Mengatasi Tantangan Adopsi

SWIFT menyadari tantangan dan masalah koordinasi dalam beralih ke sistem buku besar bersama. Organisasi ini berpendapat bahwa penggunaan komponen sistem keuangan yang sudah ada dan terintegrasi dapat menghilangkan risiko konsentrasi pasar.

Langkah tersebut menguraikan pendekatan praktis untuk implementasi buku besar bersama dengan meningkatkan platform dan metode yang ada untuk membawa data yang kaya dan terstruktur dengan cepat.

Lebih lanjut, metode ini akan memungkinkan pentingnya layanan pesan keuangan yang aman, seperti yang ditawarkan oleh SWIFT, untuk tetap ada dalam komunikasi dan eksekusi transaksi dalam dunia yang ter-tokenisasi.

Dengan mendorong peran dalam sistem pembayaran yang ter-tokenisasi, SWIFT berupaya untuk menjembatani kesenjangan antara transaksi perbankan tradisional dan infrastruktur keuangan digital baru yang semakin populer.

Melalui proposal model yang terdiri dari lapisan pesan dan teknologi buku besar bersama, SWIFT bertujuan untuk memenuhi kebutuhan industri akan sistem yang inovatif dan dapat diandalkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Crypto Times