SWIFT Gandeng 3 Bank Sentral untuk Uji Coba Interoperabilitas CBDC!

SWIFT Gandeng 3 Bank Sentral untuk Uji Coba Interoperabilitas CBDC!

Dalam langkah besar menuju integrasi mata uang digital bank sentral (CBDC) dengan sistem keuangan global, SWIFT, platform pesan bank terkemuka, telah mengumumkan kerja sama dengan tiga bank sentral untuk menguji coba interoperabilitas CBDC. Inisiatif ini menandai langkah penting dalam mendorong adopsi CBDC di tingkat global. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tiga Bank Sentral Bergabung dengan SWIFT

kolaborasi swift dan bank central
Sumber: John Kiff

Dilansir dari Cointelegraph, SWIFT telah mengumumkan bahwa tiga bank sentral telah bergabung dengan fase beta dari proyek interoperabilitas CBDC mereka. Bank-bank ini termasuk Hong Kong Monetary Authority, Central Bank of Kazakhstan, dan satu bank sentral yang tidak disebutkan namanya.

Mereka telah mengintegrasikan infrastruktur mereka dengan solusi “CBDC connector” SWIFT untuk pengujian langsung. Dengan kerja sama ini, SWIFT berharap untuk memperluas cakupan dan efisiensi dari solusi CBDC mereka. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: SWIFT Rangkul Chainlink untuk Meningkatkan Pontensi Tokenisasi Aset, Bagaimana Dampaknya?

Ekspansi Pengujian Sandbox SWIFT

SWIFT tidak hanya berkolaborasi dengan bank sentral tetapi juga memasuki fase baru pengujian sandbox. Fase pertama pengujian ini dimulai pada Maret dengan lebih dari 18 peserta, termasuk bank-bank besar seperti Royal Bank of Canada dan HSBC.

Selama 12 minggu, sandbox telah mengalami lebih dari 5.000 transaksi. Dengan ekspansi ini, jumlah peserta diharapkan akan melebihi 30.

Baca Juga: Ripple, Stellar, dan IOTA Mengguncang Sistem Pembayaran SWIFT! Temukan Rahasianya!

SWIFT dan Hubungannya dengan CBDC

hubungan swift dan cbdc
Sumber: PYMNTS

Meskipun SWIFT memainkan peran penting dalam sistem keuangan global, hubungannya dengan CBDC cukup rumit. Teknologi CBDC baru dapat bersaing dengan SWIFT dalam banyak situasi. Namun, dengan berbagai proyek jembatan CBDC yang didukung oleh Bank for International Settlements, potensi kompetisi ini dapat mendorong inovasi lebih lanjut dalam industri.

Kerja sama antara SWIFT dan bank sentral ini menandai era baru dalam evolusi CBDC dan integrasinya dengan sistem keuangan global. Dengan langkah-langkah seperti ini, masa depan keuangan digital tampaknya cerah dan penuh dengan kemungkinan-kemungkinan baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: