Swedia Luncurkan ‘Buttcoin’, Buang Puntung Rokok Bisa Dapat Crypto!

author:

Swedia Luncurkan ‘Buttcoin’, Buang Puntung Rokok Bisa Dapat Crypto!

Kota Malmö di Swedia telah meluncurkan inisiatif pembersihan terbaru yang memungkinkan warganya mendapatkan ‘Buttcoin’. Setelah sukses dengan inisiatif ‘tempat sampah menggerutu’ tahun lalu, kota ini kini mendorong para perokok untuk membuang puntung rokok mereka dengan bertanggung jawab. Kota ini secara aktif menerapkan inisiatif inovatif untuk meningkatkan standar kebersihan dan higiene.

Mengumpulkan Puntung Rokok untuk Buttcoin

swedia buttcoin crypto
Medium

Jessica Persson, koordinator pembersihan untuk Malmö, menjelaskan konsep sederhana di balik inisiatif ini kepada media lokal SVT Nyheter. Persson mencatat bahwa setiap puntung rokok yang ditempatkan di asbak khusus akan memberikan pengumpul 800 Buttcoin.

Nilai ini setara dengan denda yang dikenakan untuk membuang sampah dalam mata uang lokal. Ide di balik crypto Buttcoin adalah untuk mengubah proses pembersihan menjadi sebuah permainan. Persson mengubahnya menjadi kompetisi di antara warga untuk melihat siapa yang bisa membuang puntung rokok paling banyak dengan bertanggung jawab.

Menurut laporan, warga tidak dapat menukar Buttcoin dengan uang sungguhan karena ini bukan cryptocurrency tradisional. Namun, peserta dapat memenangkan hadiah, termasuk cryptocurrency sungguhan seperti Ethereum. Sepanjang musim panas, hadiah acak juga akan diundi di antara peserta aktif.

Bagaimana Warga Dapat Mengklaim Buttcoin?

Untuk mendapatkan Buttcoin, perokok harus memindai kode QR pada asbak atau tempat sampah. Mereka perlu mengambil gambar saat membuang puntung rokok mereka. Kompetisi berlangsung hingga 21 Agustus 2023 mendatang, dan pengguna dengan jumlah Buttcoin tertinggi akan dinyatakan sebagai pemenang.

Lebih lanjut, Malmö ingin membawa tanggung jawab lingkungan dan energi kompetitif bersama-sama dengan memperkenalkan Buttcoin. Meskipun julukan “Buttcoin” adalah plesetan yang melibatkan puntung rokok, istilah ini pertama kali digunakan oleh yayasan dengan nama yang sama yang secara rutin mengungkapkan kekhawatiran tentang keamanan dan keandalan jaringan Bitcoin. Keduanya bukanlah cryptocurrency atau istilah keuangan yang nyata.

Sementara ada inisiatif untuk memberlakukan regulasi yang lebih spesifik, hanya ada beberapa hukum yang terkait dengan crypto yang ada di Swedia dan Uni Eropa (UE). Misalnya, Komisi Eropa mengusulkan Regulasi Pasar dalam Aset Crypto (MiCA) pada tahun 2020.

Dampak dan Harapan untuk Masa Depan Buttcoin

Dengan meluncurkan inisiatif Buttcoin, kota Malmö menunjukkan komitmen mereka untuk menjaga kebersihan kota. Inisiatif ini menandai pergeseran paradigma dalam pendekatan terhadap pembersihan lingkungan, dengan memanfaatkan teknologi blockchain dan gamifikasi.

Buttcoin memberikan insentif kepada warga untuk membuang puntung rokok dengan bertanggung jawab, dengan memberikan hadiah dan penghargaan. Ini juga mendorong kompetisi sehat di antara warga, dengan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam upaya pembersihan kota.

Inisiatif seperti Buttcoin menunjukkan bagaimana teknologi blockchain dan konsep crypto dapat digunakan dalam konteks yang lebih luas dan beragam, termasuk dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan memanfaatkan teknologi ini, Malmö telah berhasil mengubah tindakan sehari-hari seperti membuang puntung rokok menjadi sebuah permainan yang menghibur dan bermanfaat bagi lingkungan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: