Susul MakerDAO, Kini Lido Raih TVL Tertinggi di DeFi

author:

Susul MakerDAO, Kini Lido Raih TVL Tertinggi di DeFi

Dilansir dari Cointelegraph pada 2 Januari 2023, protokol liquid staking Lido Finance nampaknya menjadi aset yang paling diuntungkan dari Ethereum Merge pada bulan September 2022 lalu, dengan total value locked (TVL) yang kini menempati salah satu posisi teratas di antara protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) lainnya.

Liquid Staking Lido Capai $5,9 Miliar

Menurut data dari DeFiLlama, protokol liquid staking Lido sekarang mulai menguasai pasar DeFi dengan total TVL mencapai $5,9 miliar, mengalahkan TVL $5,89 miliar milik MakerDAO dan $3,7 miliar milik AAVE.

Lido Raih TVL Tertinggi di DeFi
Sumber: Twitter

Berdasarkan informasi melalui cuitan yang dibagikan akun Lido Finance, di tanggal 2 Januari 2023, Lido menempati posisi pertama dengan TVL senilai $5.9 miliar, disusul oleh MakerDao, AAVE, Curve, dan juga Uniswap.

Solusi Liquid Staking Sangat Diminati

Menurut laporan Cointelegraoh, solusi model Lido memungkinkan pengguna mengakses liquid staking Ether tanpa perlu memenuhi nilai minimum 32 ETH yang pada umumnya diterapkan di model lain.

Data analitik Blockchain dari Nansen pada bulan Desember 2022 mencatat bahwa solusi staking seperti ini sangat diminati sejak Ethereum beralih ke proof-of-stake. Selain itu, Lido juga mendapat keuntungan dari penggabungan ini karena pendapatan biayanya berbanding lurus dengan pendapatan Ethereum Proof-of-stake (PoS) sejak Lido mengirimkan Ether yang diterima ke protokol staking. Pada November 2022, Lido mengatakan telah mengumpulkan fee $1 juta setiap hari sejak Oktober 2022.

Baca juga: Hindari Krisis Likuiditas, CEO SushiSwap Usulkan Tokenomik Baru

Lido (LDO) Mudahkan Pengguna Untuk Berpatisipasi dalam Ethereum PoS

Sebelumnya, menurut lansiran Cointelegraph pada 27 Desember 2022 lalu, Lido masuk dalam daftar 5 proyek altcoin yang mengadakan perubahan di tahun 2022. Di tahun 2022, Lido maju menjadi validator yang memudahkan pengguna untuk bisa berpartisipasi staking di Ethereum dengan intreface mudah tanpa harus memiliki 32 ETH yang biasanya dibutuhkan untuk staking.

Sejak diluncurkan, Lido telah mengumpulkan fee senilai $158,8 juta dari protokol staking Ether-nya. Puncaknya, pada 17 September 2022, Lido mendapatkan 823 pengguna harian aktif.

Lido Raih TVL Tertinggi di DeFi

Kumulatif biaya Lido dan pengguna aktif harian – Sumber: TokenTerminal

Dengan hard fork Shanghai jaringan Ethereum yang dijadwalkan pada bulan Maret 2023, Lido akan memiliki kuartal pertama yang sibuk. Aztec Connect, pencipta protokol Lido, baru-baru ini juga mendapatkan putaran penggalangan dana sebesar $100 juta untuk membangun blockchain terenkripsi.

Referensi: