Terobosan Baru di Dunia DeFi: SushiSwap Hadirkan Bitcoin Asli di ZetaChain!

author:

Terobosan Baru di Dunia DeFi: SushiSwap Hadirkan Bitcoin Asli di ZetaChain!

Dalam sebuah langkah revolusioner, Sushi, platform DeFi (Decentralized Finance), telah berkolaborasi dengan ZetaChain untuk menguji fungsi DeFi Bitcoin asli. Kolaborasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pertukaran Bitcoin (BTC) secara asli di 30 jaringan blockchain berbeda.

Kolaborasi Sushi dan ZetaChain

Sumber: SushiSwap

Berdasarkan sebuah postingan blog, kini Sushi telah bermitra dengan ZetaChain, platform interoperabilitas, untuk memungkinkan pertukaran Bitcoin asli bagi penggunanya di 30 jaringan blockchain berbeda.

Baca juga: Gebrakan Tokenomics Baru SushiSwap, Apakah SUSHI akan Mengalahkan UNI?

Dengan menggunakan DEX (Decentralized Exchange) Sushi di ZetaChain, pengguna dapat melakukan perdagangan BTC tanpa perlu melakukan proses wrapping di berbagai blockchain.

Kolaborasi ini merupakan sebuah terobosan yang dijelaskan oleh tim Sushi sebagai cara yang asli, terdesentralisasi, dan tanpa izin. Integrasi ini akan mencakup pembuat pasar otomatis v2 dan v3 Sushi serta SushiXSwap, pertukaran lintas rantai Sushi.

Ankur Nandwani, kontributor utama ZetaChain, berpendapat bahwa kemitraan ini dapat membawa basis pengguna Bitcoin yang luas ke sektor DeFi secara asli.

“Sudah ada contoh awal seperti THORChain yang memperdagangkan Bitcoin secara native dengan aset rantai lainnya. Pendekatan lain, seperti side chain Bitcoin, juga menawarkan sebuah cita rasa,” kata Nandwani kepada Cointelegraph.

Fungsi Pertukaran Bitcoin Asli

Dalam proses pertukaran lintas rantai, kontrak ditempatkan di Ethereum Virtual Machine milik ZetaChain. Kontrak ini bersifat omnichain, yang berarti meskipun ditempatkan di ZetaChain, kontrak ini dapat dipanggil dan nilai dapat ditransfer dari setiap rantai yang terhubung, termasuk Bitcoin.

Lebih lanjut, proses ini melibatkan pengguna yang mengirimkan transaksi transfer token asli di Bitcoin dengan memo khusus ke alamat TSS. Memo ini berisi alamat kontrak omnichain di ZetaChain dan nilai yang ditransfer ke kontrak tersebut.

BTC yang ditransfer ke alamat TSS dikunci, dan validator ZetaChain mengamati transfer ini dan memberikan suara tentang peristiwa ini di ZetaChain.

Baca juga: Harga SushiSwap (SUSHI) Naik 25% Hari Ini, Bagaimana Analisanya?

Dampak Integrasi Sushi dan ZetaChain

kolaborasi sushiswap dan zetachain
Sumber: The New Stack

Integrasi Sushi dengan ZetaChain dianggap sebagai kemajuan signifikan untuk DeFi. Kemampuan untuk melakukan pertukaran Bitcoin secara asli dianggap sebagai “perubahan permainan” untuk industri ini.

Sushi akan menjadi salah satu mitra peluncuran ZetaChain ketika meluncurkan mainnet-nya. Peluncuran ini diharapkan diikuti oleh fungsionalitas penuh untuk interoperabilitas Bitcoin.

Melalui kolaborasi ini, Sushi telah membuat sejarah dengan menambahkan dukungan untuk penggunaan Bitcoin asli di protokolnya melalui ekspansi ke ZetaChain. Langkah ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan pertukaran BTC secara mulus di 30 jaringan berbeda tanpa perlu melakukan proses wrapping.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: