K33 Research: Industri Crypto Capai 10.000 Perusahaan dengan Valuasi Total Rp2,7 Triliun!

K33 Research: Industri Crypto Capai 10.000 Perusahaan dengan Valuasi Total Rp2,7 Triliun!

Industri cryptocurrency terus berkembang dengan kecepatan yang mengesankan. Menurut laporan terbaru, sekarang ada sekitar 10.000 perusahaan yang beroperasi dalam industri ini, dengan sekitar 190.000 profesional yang bekerja di dalamnya. Lebih mengesankan lagi, valuasi kolektif dari semua entitas ini mencapai $180 miliar yang setara dengan Rp2,7 triliun (kurs $1 = Rp15.200). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pertumbuhan Pesat Industri Crypto

pertumbuhan pesat industri crypto
Sumber: OMFIF

Industri cryptocurrency telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Dari teknologi yang relatif baru dan belum terbukti, kini telah menjadi sektor yang matang dengan ribuan perusahaan dan ratusan ribu profesional yang bekerja di dalamnya.

Laporan terbaru dari K33 Research memperkirakan bahwa ada sekitar 10.000 perusahaan yang beroperasi dalam industri ini, menunjukkan betapa cepatnya industri ini berkembang. Menurut Bitcoin News, studi ini ditulis oleh para eksekutif K33, Anders Helseth, Torbjørn Bull Jenssen, Bendik Norheim Schei, dan Vetle Lunde.

Menurut laporan dari Grand View Research, ukuran pasar cryptocurrency global diperkirakan mencapai $4,67 miliar pada tahun 2022 dan diperkirakan akan tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 12,5% dari tahun 2023 hingga 2030.

Baca Juga: Survei Global: 92% Responden di Seluruh Dunia Mengerti Pengetahuan Dasar Crypto

Kontribusi Profesional Crypto

Tidak hanya jumlah perusahaan yang tumbuh, tetapi juga jumlah profesional yang bekerja dalam industri ini. Laporan tersebut memperkirakan bahwa ada sekitar 190.000 profesional yang bekerja dalam industri cryptocurrency.

Ini mencakup berbagai peran, mulai dari pengembang dan analis hingga pemasar dan eksekutif tingkat tinggi. Jumlah ini menunjukkan betapa luas dan beragamnya peluang karir yang ditawarkan oleh industri ini. Dengan pertumbuhan yang terus berlanjut, industri ini kemungkinan akan menjadi semakin penting dalam tahun-tahun mendatang.

Studi K33 menunjukkan sekitar 35% tenaga kerja cryptocurrency di seluruh dunia terkonsentrasi di Asia dan Australia. Laporan ini menyoroti bahwa dalam hal benua Afrika dan negara-negara yang beragam, “Nigeria adalah pembangkit tenaga crypto di Afrika.” Sekitar 4% tenaga kerja crypto global berasal dari Afrika, dengan Afrika Selatan mengikuti jejak Nigeria.

Baca Juga: Survei: 97% Perusahaan Percaya Pembayaran Crypto Akan Berperan Penting di Tahun 2025

Valuasi Industri Crypto Mencapai $180 Miliar

value industri crypto
Sumber: Crixto

Selain pertumbuhan dalam jumlah perusahaan dan profesional, industri cryptocurrency juga telah melihat peningkatan dramatis dalam valuasi. Menurut laporan tersebut, valuasi kolektif dari semua perusahaan dan profesional dalam industri ini sekarang mencapai $180 miliar.

Ini adalah peningkatan yang signifikan dari beberapa tahun lalu dan menunjukkan betapa pentingnya industri ini dalam ekonomi global. Dengan valuasi pasar cryptocurrency global yang diperkirakan mencapai lebih dari $800 miliar pada tahun 2022, potensi pertumbuhan industri ini tampaknya masih sangat besar.

Pertumbuhan dan perkembangan industri cryptocurrency menunjukkan betapa pentingnya teknologi ini dalam ekonomi modern. Dengan ribuan perusahaan dan ratusan ribu profesional yang bekerja dalam ruang ini, serta valuasi yang mencapai $180 miliar, industri ini tidak dapat diabaikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: