Survei: 58% Manajer Investasi Tiongkok Tertarik untuk Investasi ETF Crypto di Tengah Crypto Winter!

Survei: 58% Manajer Investasi Tiongkok Tertarik untuk Investasi ETF Crypto di Tengah Crypto Winter!

Dilansir dari Cointelegraph, minat institusi terhadap cryptocurrency tidak bergeming meskipun market turun sebanyak 60% dari level tertingginya (ATH), karena mayoritas manajer aset menyatakan bahwa mereka “sangat tertarik” dengan Exchange Traded Funds (ETF) bertema crypto.

Seperti apa hasil surveinya? Simak berita lengkapnya berikut ini!

58% Manajer Investasi di Tiongkok Berencana Untuk Berinvestasi ETF Crypto

Pada 3 April 2023, perusahaan jasa keuangan Brown Brothers Harriman (BBH) merilis Survei Investor ETF Global 2023, yang mensurvei 325 investor institusional, penasihat keuangan, dan manajer investasi dari Amerika Serikat, Inggris, Eropa, dan Tiongkok.

Survei tersebut menemukan bahwa hampir 3/4 investor institusional mengklaim bahwa mereka “sangat” atau “sangat tertarik” dengan ETF crypto, tetapi efek crypto winter tampaknya telah mempengaruhi.

Hanya 1/4 yang mengatakan bahwa mereka berharap untuk meningkatkan alokasi ke ETF crypto selama 12 bulan ke depan.

Meskipun ETF crypto tidak termasuk dalam daftar prioritas bagi sebagian orang, hampir separuhnya masih berencana menambahkan ETF crypto ke dalam portofolio mereka tahun ini untuk mendiversifikasi investasi.

jumlah manajer investasi yang ingin tambahkan etf crypto
58% manajer investasi di Tiongkok ingin menambahkan ETF crypto ke dalam portofolio mereka, diikuti oleh A.S. (55%) dan Eropa (29%). Sumber: BBH

BBH menjelaskan bahwa peningkatan minat terhadap ETF crypto sebagian disebabkan oleh para manajer investasi yang belajar untuk menghadapi volatilitas yang tak terhindarkan di pasar kripto:

“Ketika investor beradaptasi dengan volatilitas, mereka mendiversifikasi portofolio mereka dan menambahkan produk yang lebih inovatif. Bahkan dengan tahun yang penuh gejolak di dunia crypto, minat belum sepenuhnya mereda.”

Baca Juga: Survei: 97% Perusahaan Percaya Pembayaran Crypto Akan Berperan Penting di Tahun 2025

Framework Regulasi Crypto yang Jelas Dapat Meningkatkan Eksposur ETF

framework regulasi crypto tingkatkan eksposur etf
Sumber: Freepik Premium License

BBH percaya bahwa framework regulasi crypto yang lebih jelas akan semakin meningkatkan permintaan untuk eksposur ETF terkait, karena akan memberikan lebih banyak “kenyamanan” ketika melakukan bisnis dengan sektor crypto.

“Inisiatif seperti rancangan peraturan dari proposal Pasar Aset Crypto Uni Eropa diharapkan dapat secara signifikan ‘mengurangi’ investasi dalam aset crypto bagi para manajer aset dan memberikan ‘lapisan kenyamanan tambahan’ bagi para manajer investasi untuk terlibat dalam pertukaran crypto.”

Lebih dari 40% responden mengaku mengelola aset senilai lebih dari $1 miliar dan lebih dari setengahnya mengaku memiliki lebih dari seperempat portofolio yang diinvestasikan dalam ETF.

Referensi: