Supersiklus Bitcoin 2024: Akankah Ini Menjadi Siklus Terakhir?

Supersiklus Bitcoin 2024: Akankah Ini Menjadi Siklus Terakhir?

Supersiklus Bitcoin yang diprediksi oleh Dan Held belum terjadi, namun faktor-faktor yang ada saat ini mungkin akan mempercepat terjadinya supersiklus tersebut lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Supersiklus Bitcoin: Apa dan Bagaimana?

Supersiklus Bitcoin adalah teori yang diprediksi oleh Dan Held, seorang pendidik Bitcoin dan penasihat pemasaran untuk Trust Machines.

Held memprediksi bahwa Bitcoin akan melihat “supersiklus”, mengutip peningkatan nilai jaringan seiring pertumbuhan adopsi crypto (hukum Metcalfe), peningkatan kelangkaan karena Bitcoin halving dan peningkatan adopsi institusional.

Baca Juga: BlackRock dan Grayscale Bertemu dengan SEC: Apakah ETF Bitcoin Akan Segera Menjadi Kenyataan?

Supersiklus ini, secara teoritis, akan melihat Bitcoin mencapai rekor tertinggi baru, dari mana tidak akan ada penurunan lebih lanjut, karena akan ada cukup adopsi dan dukungan institusional untuk terus mendukung harga.

Adopsi Institusional dan Pasar Crypto

47 negara bersatu adopsi kerang kerja crypto

Dukungan institusional tumbuh begitu besar selama siklus terakhir sehingga dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) disetujui di seluruh dunia. Namun, produk-produk ini tidak memberikan dukungan institusional yang banyak orang percaya akan datang dari ETF Bitcoin.

Pasar saham di seluruh dunia tidak sebanding dengan Amerika Serikat. Uni Eropa hanya mencakup 11,1% dari pasar ekuitas global, sementara Australia dan Kanada masing-masing hanya mencakup 1,5% dan 2,7%. Semua pasar ini digabungkan masih kalah oleh Amerika Serikat, yang mencakup 42,5% dari semua pasar ekuitas global.

Adopsi dan Nilai Bitcoin

Adopsi Bitcoin dan mata uang crypto lainnya mirip dengan investasi di pasar berkembang pada tahap ini dalam siklus adopsi. Sementara adopsi institusional pasti akan menjadi faktor penting jika dan ketika supersiklus Bitcoin berlangsung, Bitcoin sendiri perlu memiliki nilai yang dirasakan oleh peserta pasar crypto, atau tidak akan memiliki daya tahan.

Sejarah penuh dengan contoh industri yang berkembang yang digantikan oleh teknologi baru yang dianggap berguna oleh pasar dan yang menjatuhkan raksasa hampir dalam semalam.

Paragraf Penutup

Supersiklus Bitcoin mungkin belum terjadi di dunia ini untuk siklus adopsi yang berkelanjutan.

Ada terlalu banyak spekulasi tentang adopsi dan penggunaan sehari-hari yang terjadi secara global untuk aset ini agar tidak memiliki koreksi atau hanya koreksi singkat untuk meredam jatuhnya saat momen Minsky meledakkan gelembung. Namun, 2028 mungkin akan menjadi cerita yang berbeda.

Baca Juga: Grayscale Melangkah Lebih Dekat ke Peluncuran ETF Bitcoin Spot!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi