Nvidia Luncurkan Superchip AI Baru, Awal dari Revolusi AI?

Nvidia Luncurkan Superchip AI Baru, Awal dari Revolusi AI?

Nvidia, pemimpin pasar dalam teknologi AI, baru saja mengumumkan peluncuran chip terbarunya, GH200, yang dirancang khusus untuk menjalankan model AI. Dengan langkah ini, Nvidia berupaya untuk mempertahankan dominasinya di pasar chip AI di tengah persaingan ketat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

GH200: Superchip AI Terbaru dari Nvidia

Dilansir dari Decrypt, Nvidia memperkenalkan GH200, chip yang memiliki GPU yang sama dengan chip AI high-end saat ini, H100. Namun, GH200 dilengkapi dengan 141 gigabyte memori canggih dan prosesor ARM sentral 72-core.

CEO Nvidia, Jensen Huang, menyatakan bahwa chip ini dirancang untuk mendukung skala besar pusat data dunia. GH200 diharapkan tersedia pada kuartal kedua tahun depan.

Baca Juga: Di Era Gempuran AI, Nilai Pasar Nvidia Melambung Hingga $1 Triliun!

Fokus pada Inference: Mengurangi Biaya Model Bahasa Besar

Proses kerja dengan model AI biasanya dibagi menjadi dua bagian: pelatihan dan inference. GH200 dirancang khusus untuk inference, dengan kapasitas memori yang lebih besar yang memungkinkan model AI yang lebih besar berjalan pada sistem tunggal.

Dengan 141GB memori, GH200 menawarkan kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan dengan H100 yang hanya memiliki 80GB memori. Ini memungkinkan model untuk tetap berada pada satu GPU tanpa memerlukan banyak sistem atau GPU.

Baca Juga: Nvidia Pamerkan Superkomputer AI, Revolusi Industri Game di Ambang Pintu!

Persaingan di Pasar Chip AI

persaingan sueprchip ai
Sumber: AnandTech

Peluncuran GH200 datang di tengah persaingan ketat di pasar chip AI. AMD, rival utama Nvidia, baru-baru ini mengumumkan chip AI-nya sendiri, MI300X, yang memiliki kapasitas memori 192GB.

Selain AMD, perusahaan besar seperti Google dan Amazon juga sedang merancang chip AI khusus mereka sendiri untuk inference.

Dengan peluncuran GH200, Nvidia berupaya untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar chip AI. Dengan banyaknya inovasi yang terjadi di ruang ini, bagaimana lanskap pasar chip AI akan berkembang di masa depan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: