Sui Network Integrasikan Fitur zkLogin untuk Mengakses DApps Lewat Google dan Facebook

author:

Sui Network Integrasikan Fitur zkLogin untuk Mengakses DApps Lewat Google dan Facebook

Dalam upaya untuk mempercepat adopsi Web3, Sui Network telah meluncurkan fitur inovatif yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke aplikasi terdesentralisasi (DApps) menggunakan detail login Google, Facebook, dan Twitch. Langkah ini diharapkan dapat mengatasi tantangan yang dihadapi oleh banyak pengguna baru yang ingin bergabung dengan ekosistem Web3.

Fitur Baru yang Mengubah Cara Masuk ke Web3

sui network integrasikan zklogin
Sumber: Twitter

Sui Network, protokol Layer 1, telah mengumumkan fitur zkLogin yang bertujuan untuk memudahkan pengguna baru bergabung dengan Web3. Fitur ini menghilangkan kebutuhan untuk mengingat atau menyimpan seed phrase dengan aman, karena pengguna dapat masuk menggunakan layanan Web2 seperti Google dan Facebook.

Baca juga: DeepBook: Lapisan Likuiditas Pertama di Sui Network yang Membuka Era Baru DeFi!

Sina Nader, Kepala Strategi di Mysten Labs (perusahaan di balik blockchain Sui), menyatakan di Twitter: “Punya akun Google? Maka Anda juga bisa memiliki dompet Web3 segera. Tidak ada kunci pribadi untuk diingat.”

Meskipun ada kekhawatiran dari beberapa anggota komunitas tentang memberikan data mereka kepada raksasa teknologi melalui login terpusat, Sui zkLogin menggunakan kriptografi zero-knowledge, memastikan bahwa tidak ada pihak ketiga yang dapat mengakses data tersebut.

Mengatasi Hambatan Adopsi Web3

deepbook sui network
The Block

Onboarding telah lama menjadi titik nyeri bagi industri blockchain. Banyak pengguna, baik yang baru maupun yang berpengalaman, mengeluh tentang berbagai masalah kegunaan, termasuk kebutuhan untuk menandatangani transaksi dan mempertahankan seed phrases.

Greg Siourounis, Direktur Manajemen Sui Foundation, menyatakan,

“Dengan memungkinkan pengguna untuk mengakses dApps dengan login sosial yang sudah mereka kenal, zkLogin menghilangkan hambatan besar untuk membawa manfaat aplikasi berbasis blockchain ke miliaran pengguna mainstream.”

Lebih lanjut, fitur zkLogin memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan fitur privasi dan pemeliharaan kepemilikan dari aplikasi berbasis blockchain tanpa harus mengorbankan keamanan.

Baca juga: Pendiri Polygon Ungkap Pengembangan “Polygon 2.0” dan Kemitraan dengan Astar Network

Langkah Selanjutnya: Ekspansi ke Platform Lain

Sui Network tidak berhenti hanya dengan Google, Facebook, dan Twitch. Perusahaan telah mengungkapkan rencana untuk memperluas fitur ini ke akun Apple, Microsoft, Amazon, dan WeChat.

Dengan integrasi terbaru ini, pengembang dapat memanfaatkan blockchain untuk onboarding pengguna baru tanpa harus berurusan dengan kesadaran teknologi terkait.

Teknologi zero-knowledge-proof memungkinkan pengguna untuk membuktikan identitas dan kepemilikan dompet mereka tanpa mengungkapkan fakta tertentu yang biasanya diperlukan untuk akses.

Dengan peluncuran fitur zkLogin oleh Sui Network, kita mungkin sedang menyaksikan awal dari revolusi adopsi massal Web3. Dengan menghilangkan hambatan utama yang dihadapi oleh pengguna baru, langkah ini bisa menjadi titik balik dalam cara kita berinteraksi dengan teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: