Sui ($SUI): Blockchain Layer-1 Crypto yang Disebut ‘Solana Killer’!

author:

Sui ($SUI): Blockchain Layer-1 Crypto yang Disebut ‘Solana Killer’!

Dalam dunia crypto yang terus berkembang, Sui muncul sebagai blockchain Layer-1 yang menjanjikan, dikenal sebagai ‘Solana Killer’.

Dengan fokus pada kecepatan transaksi, pengurangan latensi dalam penyebaran smart contract, dan kecepatan transaksi secara keseluruhan, Sui menetapkan standar baru dalam teknologi blockchain.

Apa itu Sui crypto?

Sui adalah blockchain Layer-1 yang diluncurkan pada Mei 2023, dengan token asli bernama sama, yaitu SUI. Menggunakan Move, bahasa pemrograman berbasis Rust, Sui menyediakan transaksi berkecepatan tinggi, pemrosesan instan, dan skalabilitas.

Baca juga: Terobosan Baru! SuiMint Luncurkan Versi Uji Coba Inscription Market di Sui Network!

Sui membedakan diri dari ekosistem blockchain sebelumnya dengan memungkinkan pemrosesan paralel transaksi dan skalabilitas horizontal, yang memungkinkannya mempertahankan biaya transaksi rendah.

Blockchain Sui beroperasi pada mekanisme konsensus proof-of-stake yang didelegasikan dan memiliki batas atas 10 miliar token SUI. Pada saat penjualan token awal, banyak token yang ditawarkan disisihkan untuk cadangan komunitas, untuk pengembang, penguji aplikasi, dan lainnya. 14% token yang tersedia memenuhi syarat untuk pembelian investor.

Aset Digital Sui (SUI) dan Fungsinya

Token asli Sui, SUI, akan memfasilitasi mekanisme konsensus proof-of-stake jaringan, pemungutan suara on-chain untuk peningkatan blockchain, dan biaya gas. Ini juga memungkinkan pengguna Sui untuk berpartisipasi dalam aktivitas DeFi sistem.

Peluncuran mainnet Sui pada 3 Mei disertai dengan penjualan token SUI, dengan setiap bursa crypto yang berpartisipasi menawarkan 225 juta token.

Token Sui akan didistribusikan baik ke cadangan komunitas untuk penelitian dan pengembangan, hibah, dan subsidi, serta kepada kontributor awal proyek, pengujian aplikasi, dan pemangku kepentingan lainnya. Ada batas keras 10 miliar token SUI secara total. 14% token yang dirilis saat peluncuran tersedia untuk investor.

Baca juga: Tezos (XTZ): Inovasi Blockchain yang Mengubah Dunia Crypto!

Kenapa Sui Crypto Populer?

Sui menarik perhatian dalam komunitas crypto setelah pertukaran antara pendiri Binance, CZ, dan pendiri Tron, Justin Sun. Sui membedakan sistem validasinya dengan menyediakan pemrosesan paralel transaksi, yang menurut pengembang Sui akan meningkatkan throughput, mengurangi latensi, dan meningkatkan skalabilitas. Kasus penggunaan potensial dari sistem validasi proses paralel termasuk game, pembayaran ritel, dan titik penjualan fisik menggunakan Sui.

Untuk memungkinkan jenis pemrosesan transaksi ini, Sui berskala horizontal, yang berarti tidak memiliki batas atas untuk memenuhi permintaan aplikasi, dan dapat mempertahankan biaya operasional rendah dengan setiap transaksi. Sui tidak memerlukan konsensus global pada daftar transaksi yang teratur, yang merupakan area bottleneck utama untuk banyak blockchain yang ada.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: