Heboh, Suhu Dingin Texas Sebabkan Hash Rate Bitcoin Anjlok Drastis!

Heboh, Suhu Dingin Texas Sebabkan Hash Rate Bitcoin Anjlok Drastis!

Ketika suhu di Texas tiba-tiba turun di bawah titik beku, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh warga setempat tetapi juga oleh pasar crypto global. Data terbaru menunjukkan penurunan tajam dalam hash rate Bitcoin, yang mencerminkan pengurangan aktivitas penambangan di negara bagian tersebut. Kejadian ini menyoroti kerentanan industri crypto terhadap perubahan iklim dan kondisi cuaca ekstrem. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Hash Rate Bitcoin

Data dari YCharts mengungkapkan bahwa hash rate jaringan Bitcoin mengalami penurunan sebesar 34%, dari lebih dari 629 exahashes per detik (EH/s) pada 11 Januari menjadi sekitar 415 EH/s pada 15 Januari.

Penurunan ini terjadi karena para penambang di Texas harus mengurangi operasi mereka untuk membantu menjaga stabilitas jaringan energi negara bagian tersebut. Pada 16 Januari, hash rate sempat pulih menjadi lebih dari 454 EH/s ketika suhu di Austin naik sedikit di atas titik beku.

Texas memiliki peran penting dalam penambangan Bitcoin di Amerika Serikat, dengan kontribusi sekitar 29% dari total hash rate negara tersebut. Banyak perusahaan penambangan, termasuk Marathon Digital, Riot Platforms, Bitdeer, dan Core Scientific, telah memindahkan operasi mereka ke Texas setelah China melarang kegiatan penambangan crypto.

Baca Juga: BlackRock Borong 11 Ribu BTC di Tengah Pasar Bearish!

Dampak Cuaca Ekstrem pada Industri Crypto

bitcoin hashrate
Kepemilikan bitcoin IBIT per 17 Januari 2024. Sumber: Bitcoin News

Berbeda dengan tahun 2021, ketika badai musim dingin menyebabkan pemadaman listrik yang luas, kali ini laporan mengenai gangguan signifikan pada jaringan listrik Texas lebih sedikit. Banyak perusahaan penambangan berpartisipasi dalam program yang diselenggarakan oleh Electric Reliability Council of Texas (ERCOT), yang memberi kompensasi kepada mereka untuk menyesuaikan beban mereka di jaringan selama periode permintaan tinggi.

Perusahaan-perusahaan seperti Marathon Digital dan Riot Platforms mengonfirmasi bahwa mereka membatasi operasi untuk mendukung jaringan listrik Texas dan warganya selama cuaca dingin.

Penurunan hash rate Bitcoin akibat pembekuan di Texas menyoroti dampak potensial dari peristiwa cuaca ekstrem terhadap industri penambangan crypto. Pada 17 Januari, ERCOT melaporkan bahwa kondisi jaringan di Texas diperkirakan akan kembali normal mulai tengah malam waktu setempat.

Kesimpulan

Insiden ini menjadi pengingat bagi para pelaku industri crypto dan investor bahwa faktor lingkungan dapat memiliki efek yang signifikan terhadap operasi penambangan. Ke depan, adaptasi dan ketahanan terhadap perubahan iklim akan menjadi kunci penting bagi kelangsungan industri crypto, khususnya dalam hal penambangan Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi