Penelitian Ungkap Strategi Trading Bitcoin Lebih Menguntungkan 300% Dibandingkan Hodling

author:

Penelitian Ungkap Strategi Trading Bitcoin Lebih Menguntungkan 300% Dibandingkan Hodling

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa strategi trading Bitcoin berdasarkan teori “efficient market hypothesis” (EMH) dapat menghasilkan keuntungan hingga 300% lebih tinggi dibandingkan strategi hodling.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Internasional Hellenic dan Universitas Democritus of Thrace di Yunani.

Teori Efficient Market Hypothesis (EMH)

Teori EMH adalah teori kontroversial yang menjadi dasar pengembangan model trading dalam penelitian ini. Inti dari teori ini adalah harga saham suatu aset mencerminkan nilai pasar yang adil dan semua informasi pasar yang relevan.

Jika teori ini benar, maka akan mustahil untuk mengalahkan pasar dengan mencoba memprediksi waktu yang tepat atau memilih saham pemenang secara intuitif. Biasanya, pendukung EMH menyarankan bahwa daripada mencoba mengalahkan pasar dengan memilih saham yang undervalued, investor sebaiknya menempatkan dana di portofolio pasif berbiaya rendah.

“Kami berhasil menghasilkan model yang prakiraannya memberi investor kemampuan untuk mencatatkan keuntungan yang lebih tinggi daripada yang akan mereka dapatkan jika mereka mengikuti strategi beli dan tahan yang terkenal.”

Baca juga: CEO Galaxy Digital: Tahun 2024 akan Jadi Kebangkitan Bitcoin ETF dan Adopsi Institusional!

EMH dalam Trading Bitcoin

market bitcoin dominan
Sumber: Yahoo Finance

Tim peneliti Yunani ini berpendapat bahwa teori EMH dapat diterapkan dalam trading Bitcoin sebagai alternatif dari strategi “beli dan tahan”, atau hodling, untuk menghindari volatilitas pasar.

Untuk menguji ini, mereka mengembangkan empat model kecerdasan buatan yang dilatih dengan beberapa set data. Setelah pelatihan dan pengujian, mereka memilih model yang dioptimalkan untuk strategi “mengalahkan pasar” dan hodling.

Menurut tim ini, model optimal dapat mengalahkan return baseline hingga 297%. Ini memberikan bukti bahwa EMH dapat menjadi alat yang berguna untuk trader Bitcoin dan crypto lainnya.

Meski hasil penelitian ini menarik, perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data historis dan manajemen portofolio simulasi. Hasil empiris ini mungkin tidak akan banyak mengubah pikiran mereka yang memiliki pendapat kuat terhadap efikasi EMH.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: