AS Ketatkan Regulasi Aset Virtual, Tingkatkan Penggunaan Kecerdasan Buatan

Array

AS Ketatkan Regulasi Aset Virtual, Tingkatkan Penggunaan Kecerdasan Buatan

Jakarta, Pintu News – Departemen Keuangan Amerika Serikat telah merilis Strategi Nasionalnya secara semesteran untuk Memerangi Pendanaan Teroris dan Kejahatan Keuangan Lainnya. Ini mengandung empat rekomendasi prioritas yang mungkin memengaruhi aset virtual dalam berbagai cara. Simak berita lengkapnya disini!

Menanggapi Kesenjangan Regulasi dalam Pencegahan Pencucian Uang dan Pembiayaan Terorisme

Strategi Departemen Keuangan mengakui bahwa penegakan hukum sedang berjuang untuk menjaga keseimbangan dengan teknologi keuangan yang berkembang.

Dua prioritas pertama Departemen Keuangan adalah menangani kesenjangan regulasi dalam Pencegahan Pencucian Uang (AML) dan Pembiayaan Terorisme (CFT) serta menciptakan kerangka pengawasan yang lebih terfokus dan efektif.

Departemen Keuangan menyatakan akan “menilai kebutuhan untuk tindakan tambahan pada sektor yang tidak tunduk pada langkah-langkah AML/CFT komprehensif.”

Baca Juga: 4 Memecoin yang Berpotensi Meroket 20x di Akhir Mei 2024

Peningkatan Penegakan Hukum dan Perhatian Terhadap Teknologi Blockchain

amerika serikat dukung crypto
Sumber: Coin Gyaan

Peningkatan penegakan hukum juga masuk dalam agenda. Strategi tersebut menyatakan: “Ledakan saluran pembayaran baru dan penyedia layanan keuangan, termasuk VASPs [penyedia layanan aset virtual], selama dekade terakhir, telah meregangkan sumber daya pengawasan terbatas yang secara historis diterapkan pada MSBs [bisnis layanan uang] yang lebih tradisional.”

Terakhir, Departemen Keuangan berusaha “mendukung inovasi teknologi yang bertanggung jawab dan memanfaatkan teknologi untuk mengurangi risiko keuangan ilegal” melalui serangkaian tindakan. Ini termasuk peningkatan inklusivitas dalam sistem keuangan dan memerangi derisking – praktik penolakan semua layanan koresponden kepada bank-bank kecil di daerah dengan aktivitas ilegal tinggi.

Kesimpulan

Strategi Departemen Keuangan AS bertujuan untuk meningkatkan regulasi aset virtual, memanfaatkan teknologi blockchain, dan memperluas penggunaan kecerdasan buatan untuk mengatasi tantangan dalam pencegahan pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array