Strategi Investasi ARK Invest Berubah: Fokus pada Bitcoin Futures Daripada Coinbase?

Strategi Investasi ARK Invest Berubah: Fokus pada Bitcoin Futures Daripada Coinbase?

Dalam sebuah gerakan yang mengejutkan industri, ARK Invest yang dipimpin oleh visioner Cathie Wood telah menjual semua kepemilikan mereka di Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang bernilai $200 juta. Tindakan ini diikuti dengan investasi besar-besaran ke dalam ETF yang berbasis pada Bitcoin Futures, menandai pergeseran strategi yang signifikan dan berpotensi menggoyahkan pasar crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perubahan Taktik ARK Invest

Dengan melepaskan GBTC, ARK Invest telah mengalokasikan sekitar $100 juta ke ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO), menjadikan mereka pemegang saham terbesar kedua untuk produk tersebut. Selain itu, ARK telah menjual 148.885 saham dari Coinbase yang bernilai $27,5 juta, menunjukkan perubahan arah dalam strategi investasi mereka.

Pergeseran ini menunjukkan bahwa ARK Invest mungkin mencari struktur portofolio yang lebih fleksibel dan siap untuk menangkap peluang yang muncul di pasar crypto.

Penjualan saham Coinbase ini terjadi saat saham tersebut mengalami kenaikan yang luar biasa, dengan peningkatan lebih dari 400% selama tahun ini. Keputusan ini juga bertepatan dengan prediksi analis tentang kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot yang sangat tinggi sebelum deadline 10 Januari 2024.

Baca Juga: Investasi Besar ARK Invest di Saham Robinhood dan Coinbase: Siapa yang Lebih Unggul?

Reaksi Pasar dan Implikasinya

fokus ark invest
Sumber: Akun X Eric Balchunas

Cathie Wood telah menyampaikan pandangan positif mengenai kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot. Namun, dia juga mengakui bahwa harapan yang meningkat ini bisa memberikan tekanan pada harga Bitcoin dalam jangka pendek. ARK Invest, bersama dengan 21Shares, telah mengajukan kembali aplikasi untuk ETF Bitcoin spot setelah SEC menyatakan bahwa aplikasi sebelumnya tidak memenuhi standar yang ditetapkan.

Di sisi lain, pasar crypto menunjukkan tanda-tanda pemulihan dengan Bitcoin yang naik lebih dari 150% tahun ini. ARK Invest, bersama dengan institusi keuangan besar lainnya seperti BlackRock, Fidelity, dan Valkyrie, sedang menantikan keputusan SEC terkait produk derivatif yang berbasis pada harga spot Bitcoin.

Baca Juga: ARK Invest Membeli Saham Block Senilai $25,7 Juta dan Melepas Saham GBTC Senilai $27,9 Juta

Posisi Baru ARK Invest di Pasar Crypto

posisi baru ark invest
Sumber: Ark Invest Daily

Penjualan saham Coinbase dan pembelian BITO menunjukkan penyesuaian posisi ARK Invest di pasar crypto. Langkah ini mungkin merupakan taktik untuk menghadapi perubahan pasar yang akan datang atau sebagai persiapan untuk meluncurkan produk investasi baru.

Eric Balchunas, seorang analis ETF senior dari Bloomberg, menyebutkan bahwa investasi ARK di BITO mungkin hanya bersifat sementara. ARK Invest belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai perubahan dalam strategi investasi mereka. Namun, aktivitas mereka di pasar crypto tetap menjadi fokus perhatian dan bisa memberikan petunjuk bagi investor lain untuk meninjau kembali strategi mereka.

Perubahan strategi ARK Invest dari GBTC ke BITO dan penjualan saham Coinbase merupakan indikasi dari evolusi yang terjadi di pasar crypto. Investor dan analis akan terus memantau langkah ARK Invest berikutnya, yang mungkin akan menentukan arah pasar crypto di masa yang akan datang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: