Dramatis! Stok Bitcoin di Exchange Kembali ke Level Puncak 2017, Apa yang Akan Terjadi?

Dramatis! Stok Bitcoin di Exchange Kembali ke Level Puncak 2017, Apa yang Akan Terjadi?

Dalam tren yang mengejutkan, jumlah Bitcoin yang tersimpan di exchange telah turun ke level yang sama saat puncak harga Bitcoin pada 2017. Menurut data dari perusahaan analitik on-chain Glassnode, kurang dari 12% dari total pasokan Bitcoin sekarang berada di dompet bursa. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin dan Penemuan Harga Sebenarnya

grafik persen saldo bitcoin di exchange
Grafik persen saldo Bitcoin di exchange. Sumber: Glassnode

Dilansir dari Cointelegraph, Bitcoin kembali berpindah ke exchange selama lonjakan harga BTC pada tahun 2023, di mana harga BTC/USD lebih dari dua kali lipat dari titik terendah siklus ini. Namun, sejak akhir April, tren jangka panjang kembali ke arah penarikan Bitcoin dari exchange.

Hingga 10 Juli 2023, hanya 11,59% dari total pasokan BTC yang tersedia saat ini berada di dompet exchange yang dikenal oleh Glassnode. Angka ini belum pernah seterendah ini sejak pertengahan Desember 2017, saat Bitcoin mencapai harga tertinggi sebelumnya sebesar $20.000.

Baca Juga: Nilai Tukar Mata Uang Mesir Jatuh Saat Bitcoin Mendekati Rekor Tertinggi, Saatnya Mesir Adopsi Bitcoin?

Penyusutan Saldo Exchange dan Penemuan Harga Asli

William Clemente, salah satu pendiri dari firma analisis crypto Reflexivity Research, mengomentari bahwa “Hanya 11,5% dari pasokan Bitcoin yang tersisa di exchange, terendah dalam lebih dari 5 tahun”. Saldo exchange dalam istilah BTC telah kembali ke titik pada Maret 2018, dengan total dompet yang dikenal memiliki total 2,252 juta BTC hingga 10 Juli 2023.

Mengambil Coinbase sebagai contoh, Joe Burnett, kepala analis di perusahaan mining Blockware, mencatat bahwa saldo BTC telah berkurang lebih dari setengah sejak insiden pasar lintas pada Maret 2020. “Exchange sedang dikuras,” dia menyimpulkan dalam komentar Twitter terbaru, menambahkan bahwa dia menganggap Bitcoin sebagai “di ambang penemuan harga sebenarnya”.

Baca Juga: Menggebrak! BlackRock Ajukan ETF Bitcoin, Hopes Tergerak untuk ETF Spot!

Peningkatan Jumlah Pemilik Bitcoin dalam Jumlah Besar

jumlah whale bitcoin
Grafik jumlah entitas Bitcoin dengan saldo lebih dari 1.000 BTC. Sumber: Glassnode

Seperti yang dilaporkan oleh Cointelegraph, harapan tentang penekanan harga BTC yang datang sebagai hasil dari penurunan pasokan dan peningkatan permintaan pembeli telah meningkat sejalan dengan harapan bahwa Amerika Serikat mungkin segera menyetujui pertukaran dana yang diperdagangkan (ETF) dengan harga spot Bitcoin.

Peningkatan lain, terutama kecerdasan buatan (AI), diharapkan dapat menghasilkan efek serupa seiring waktu. Sementara itu, saldo exchangeyang terus menurun dikombinasikan dengan peningkatan jumlah entitas pemilik Bitcoin dalam jumlah besar, mereka yang memiliki saldo dompet terbesar di luar exchange.

Tren penurunan jumlah Bitcoin yang tersimpan di exchange adalah fenomena yang patut diperhatikan oleh semua investor dan pengikut pasar crypto. Dengan indikasi yang menunjukkan bahwa kita mungkin berada di ambang penemuan harga sebenarnya, penting untuk tetap mengikuti perkembangan pasar ini dengan cermat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: