Stellar Tunda Peluncuran Smart Contract Akibat Bug!

Stellar Tunda Peluncuran Smart Contract Akibat Bug!

Stellar Development Foundation (SDF) mengumumkan penundaan peluncuran kontrak cerdas di blockchain Stellar hingga akhir Januari. Penundaan ini disebabkan oleh ditemukannya bug dalam Stellar Core v20.1.0. SDF menyatakan bahwa bug tersebut berisiko kecil, tetapi dapat memengaruhi berbagai aplikasi setelah platform kontrak cerdas diluncurkan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

SDF Menemukan Bug dalam Stellar Core

SDF menemukan bug dalam Stellar Core v20.1.0 pada tanggal 25 Januari. Bug ini terjadi ketika permintaan transaksi Soroban dilakukan tetapi menghasilkan pengembalian dana dan mengalami peningkatan biaya.

Menurut SDF, dalam kode saat ini, pengembalian dana tidak dikirim ke akun sumber peningkatan biaya sebagaimana mestinya. Soroban adalah platform kontrak cerdas yang diluncurkan di testnet Stellar pada bulan Oktober 2022.

Baca Juga: Revolusi Mata Uang Digital Eropa, Circle Luncurkan EURC di Stellar!

Penundaan Peluncuran Smart Contract

penundaan peluncuran smart contract
Sumber: Akun X Stellar

SDF memutuskan untuk menunda peluncuran kontrak cerdas hingga perbaikan bug tersedia. Perbaikan tersebut diharapkan selesai dalam waktu dua minggu.

Namun, SDF menekankan bahwa mereka memiliki kewenangan untuk memutuskan apakah akan memutakhirkan jaringan atau tidak, meskipun validator non-SDF di Stellar dapat memilih untuk mendukung peningkatan Protokol 20 pada tanggal 30 Januari.

Baca Juga: Prediksi Harga Stellar 2023, 2025, 2030: Masuk Tren Bullish, Bakal Meroket 770%?

Pemungutan Suara Validator

Untuk mengesahkan peningkatan Protokol 20, diperlukan kuorum dari validator yang memberikan suara. Hingga Desember 2023, terdapat 43 node validator di Stellar.

SDF menyatakan bahwa pemungutan suara validator untuk mengaktifkan fungsionalitas kontrak cerdas di blockchain Stellar dijadwalkan minggu depan. Peluncuran akan dilakukan secara bertahap dengan inovasi yang diperkenalkan secara perlahan dan hati-hati.

Kesimpulan

Penundaan peluncuran kontrak cerdas di Stellar ini menunjukkan pentingnya memastikan keamanan dan keandalan sebelum meluncurkan fitur baru. SDF berkomitmen untuk menyelesaikan perbaikan bug dan terus berdiskusi dengan validator lain untuk memastikan transisi yang lancar menuju platform kontrak cerdas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi