Stefan Berger Pimpin Rencana Euro Digital Uni Eropa, Gimana Perkembangannya?

Stefan Berger Pimpin Rencana Euro Digital Uni Eropa, Gimana Perkembangannya?

Stefan Berger, anggota Parlemen Eropa dari Jerman dan arsitek dari hukum crypto Uni Eropa (UE) yang dikenal sebagai MiCA (Markets in Crypto Assets), telah ditunjuk untuk memimpin rencana mata uang digital bank sentral (CBDC) Uni Eropa.

Pengumuman ini datang pada hari Rabu dan telah memicu berbagai tanggapan, termasuk dari anggota parlemen yang skeptis terhadap manfaat dari mata uang digital ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Stefan Berger dan Rencana Euro Digital

stefan berger mica
Sumber: Global Government Fintech

Dilansir dari Watcher Guru, Stefan Berger, yang sebelumnya memimpin pengembangan regulasi MiCA, akan sekarang fokus pada CBDC.

“Memiliki mata uang digital Anda sendiri membuat UE lebih independen dari negara-negara non-UE dan merupakan bagian dari era digital,” kata Berger, dikutip dari Watcher Guru, Kamis (31/8/2023).

Namun, dia menambahkan bahwa proyek ini hanya akan berhasil jika publik bisa mempercayai euro digital sebanyak mereka mempercayai uang tunai.

Baca Juga: Segera Tiba, Otoritas Perbankan EU Dorong Penerbit Stablecoin untuk Patuhi Aturan MiCA!

Kontroversi dan Skeptisisme

Meskipun Berger terkenal sebagai pendukung crypto, banyak anggota parlemen UE yang skeptis terhadap manfaat dari mata uang digital ini.

Markus Ferber, juru bicara ekonomi untuk kelompok politik Berger, adalah salah satu dari mereka. Michiel Hoogeveen, anggota Parlemen Eropa dari Belanda, bahkan mengatakan bahwa euro digital “adalah solusi yang mencari masalah dan berpotensi hanya menyebabkan masalah.”

Baca Juga: Prancis Perketat Aturan Crypto Agar Selaras dengan Regulasi MiCA Uni Eropa

Tantangan Hukum dan Politik

Bank Sentral Eropa belum mengambil keputusan formal tentang penerbitan CBDC, tetapi telah menginvestasikan sumber daya signifikan untuk perencanaan teknis.

Parlemen Eropa dan pemerintah nasional UE akan perlu mencapai kesepakatan tentang hukum yang akan mendukung mata uang ini, khususnya dalam hal perlindungan data dan aspek politik lainnya.

Rencana mata uang digital bank sentral Uni Eropa memang kontroversial, tetapi dengan kepemimpinan Stefan Berger, yang telah berhasil membawa regulasi MiCA melalui Parlemen Eropa, ada harapan bahwa proyek ini bisa mendapatkan momentum. Namun, masih banyak rintangan hukum dan politik yang perlu diatasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: