Startup Web3 Ramai-ramai Bergabung dengan Akselerator, Ada Apa?

Startup Web3 Ramai-ramai Bergabung dengan Akselerator, Ada Apa?

Jakarta, Pintu News – Dunia kripto sedang bergejolak, dan startup Web3 tidak mau ketinggalan. Mereka berbondong-bondong bergabung dengan program akselerator untuk mendongkrak pertumbuhan dan popularitas mereka di pasar kripto. Akselerator ini menawarkan pendampingan, pendanaan, dan peluang bagi para startup untuk menarik investor baru dan lama. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Program Akselerator Web3 yang Populer

program akselerator web3
Sumber: Akun X Jason Rosenthal

Salah satu program akselerator yang paling diminati adalah _spring 2024 cohort_ yang ditawarkan oleh perusahaan modal ventura ternama, Andreessen Horowitz (a16z). Program yang akan diadakan di London ini akan diikuti oleh 25 startup yang akan mendapatkan bimbingan dari tim kripto a16z.

Salah satu startup yang mengikuti program ini adalah proyek Farcaster yang berfokus pada pengiriman makanan terdesentralisasi, sistem autentikasi paspor tanpa pengetahuan, dan pengembangan infrastruktur. Startup yang berpartisipasi dalam program ini berhak mendapatkan investasi sebesar $500.000 dari a16z dengan imbalan 7% saham perusahaan mereka.

Program ini telah menghasilkan investasi yang sukses selama bertahun-tahun, dengan perusahaan seperti Flashbots dan Phantom sebagai alumni. Hal ini menunjukkan potensi pertumbuhan dan kesuksesan yang dapat diraih oleh startup baru dari program ini.

Baca Juga: Game Web3: Masa Depan Industri Game yang Menjanjikan

Dukungan dari Platform Ternama

Selain a16z, platform ternama lainnya seperti Ava Labs dan Avalanche Foundation juga meluncurkan program akselerator mereka sendiri. Program Codebase dari Avalanche Foundation bertujuan untuk mendukung startup yang memanfaatkan ekosistem Avalanche. Program ini menyediakan hibah mulai dari $500.000 hingga $1 juta, memberikan dorongan yang signifikan bagi para peserta untuk memulai bisnis mereka.

Di luar program akselerator tradisional, startup juga bermitra dengan perusahaan modal ventura untuk menciptakan program khusus untuk kebutuhan spesifik di sektor pasar kripto. Misalnya, perusahaan game Web3, Helika, bekerja sama dengan Pantera Capital dan beberapa perusahaan lain untuk membuat Helika Accelerate. Program akselerator ini didedikasikan untuk membantu startup game di ruang Web3 mengakses pendanaan hingga $50 juta.

Baca Juga: Kendala Regulasi yang Menghambat Kemajuan Web3 di Afrika, Ini yang Terjadi!

Peluang dan Tantangan

symbolic capital
Sumber: Akun X Sam Lehman

Meskipun ada berbagai peluang dan sumber daya yang tersedia di program akselerator, ada juga kekhawatiran tentang sifat predator dari beberapa program ini. Principal di Symbolic Capital, Sam Lehman, telah memperingatkan startup untuk membaca syarat dan ketentuan yang melekat pada beberapa program ini.

Dia mencatat bahwa beberapa program mungkin meminta saham ekuitas yang sangat besar sebagai imbalan atas dukungan mereka. Namun, ia menambahkan bahwa para pendiri harus berhati-hati dalam kasus seperti ini dan menegosiasikan persyaratan yang menguntungkan.

Kesimpulan

Lonjakan aktivitas startup Web3 di program akselerator mencerminkan optimisme yang berkembang di pasar kripto. Dengan dukungan dari investor dan platform ternama, startup ini memiliki peluang untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan di berbagai sektor, mulai dari game hingga keuangan. Namun, penting bagi para pendiri untuk memilih program akselerator dengan hati-hati dan memahami implikasi dari persyaratan yang ditawarkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi